Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)

Keunggulan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Pattimura adalah program studi yang membekali mahasiswa tentang ilmu dan keterampilan kebahasaan Inggris yang dapat dimanfaatkan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Dalam bidang pendidikan, lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pattimura diharapkan dapat menjadi guru bahasa Inggris yang kompeten dan profesional. Mereka akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada siswa di berbagai jenjang pendidikan, dari tingkat dasar hingga menengah.

Dalam bidang penelitian, lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Pattimura diharapkan dapat menjadi peneliti yang inovatif dan produktif. Mereka akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk melakukan penelitian bahasa Inggris, baik di bidang linguistik, pengajaran bahasa Inggris, maupun bidang-bidang lain yang relevan.

Dalam bidang pengabdian masyarakat, lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Pattimura diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang aktif. Mereka akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk melakukan pengabdian masyarakat di bidang bahasa Inggris, baik di bidang pendidikan, penelitian, maupun bidang-bidang lain yang relevan.

Prospek Kerja Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)

Setelah lulus dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris, alumni nya tidak hanya dapat berkiprah sebagai guru Bahasa Inggris di lembaga pendidikan formal saja, tapi juga lembaga pendidikan informal seperti bimbel atau kursus Bahasa Inggris. Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris juga dapat melanjutkan pendidikan pascasarjana untuk dapat memeroleh gelar master dan menjadi dosen. Namun tidak hanya di dunia pendidikan, kiprah lulusan prodi ini juga dapat berkarir sebagai penerjemah, tour guide, dan berbagai Prospek lainnya yang menuntut keahlian berbahasa Inggris.

Kompetensi Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris akan mempelajari kajian Bahasa Inggris, mulai dari aspek listening, reading, writing, dan speaking. Namun cukup berbeda dengan program studi Sastra Inggris yang fokus dalam mempelajari aspek linguistik dan sastra dalam Bahasa Inggris, di prodi Pendidikan Bahasa Inggris kita juga akan memeroleh ilmu keguruan dan kependidikan. Pastinya mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris dipersiapkan untuk menjadi pengajar atau guru Bahasa Inggris di tingkat SD, SMP, dan SMA.

Sasaran/Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)

Mahasiswa memiliki sikap bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, norma dan etika dalam kehidupan bermasyarakat, menghargai perbedaan, mandiri dan berdisiplin. Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Pattimura akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai, termasuk: 

  1. Menguasai konsep-konsep dasar dalam bidang linguistik, pengajaran bahasa Inggris, dan bidang-bidang lain yang relevan.
  2. Mampu menganalisis dan mengintegrasikan berbagai aspek kebahasaan, termasuk aspek sintaksis, morfologi, semantik, dan pragmatik.
  3. Mampu mengembangkan metode dan strategi pengajaran bahasa Inggris yang efektif.
  4. Mampu melakukan penelitian bahasa Inggris yang inovatif dan produktif. Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan diri dalam bidang bahasa Inggris, termasuk:
    • Keterampilan berbahasa Inggris aktif dan pasif yang baik.
    • Keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
    • Keterampilan berkomunikasi secara efektif.
    • Keterampilan bekerja sama dan berkolaborasi.
    • Keterampilan belajar mandiri.

Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)

  • Guru Bahasa Inggris
  • Peneliti
  • Penerjemah
  • Pengelola Program Bahasa Inggris
  • Konsultan Bahasa
Butuh Bantuan?
Skip to content