Program Studi Matematika (S1)

Kompetensi Lulusan Program Studi Matematika (S1)

Para mahasiswa di program studi Matematika mempelajari matematika murni seperti aljabar, geometri, dan analisis matematika. Selain itu para mahasiswa juga berpeluang untuk mempelajari statistika, komputasi, aktuaria, dan riset operasi. Meskipun pelajaran matematika sudah sangat dikenal oleh setiap orang, Program Studi Matematika malah kurang mendapatkan minat. Selain prospek kariernya yang masih sangat terbatas, mata kuliah ini pun kerap dianggap rumit. Namun sebenarnya, Jurusan Matematika mempelajari banyak hal yang tidak hanya sekadar perhitungan rumus-rumus.

Prospek Kerja Lulusan Program Studi Matematika (S1)

Meski peminatnya sedikit, sebenarnya Ilmu Matematika bisa dimanfaatkan oleh berbagai macam bidang. Peluang kerja bagi lulusan matematika pun sangat luas, mulai dari di dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar, di korporat sebagai analis, ahli statistika, ahli keuangan, hingga astronom dan aktuaris.

Sasaran/Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Program Studi Matematika (S1)

Memiliki Kemampuan dasar di bidang aljabar dan analisis yang dapat digunakan untuk pengembangan ilmu dan masalah-masalah yang terkait dengan bidang ilmu aljabar dan analisiMemiliki kemampuan dasar di bidang matematika terapan yang dapat digunakan untuk perkembangan ilmu dan masalah-masalah yang terkait dengan bidang matematika terapan.Memiliki kemampuan dasar di bidang statistika yang dapat digunakan untuk pengembangan ilmu dan masalah-masalah yang terkait dengan bidang statistika.Memiliki kemampuan dibidang teknologi informasi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam matematika, statistika, dan terapannya.Mampu berfikir deduktif, induktif, logis, analitis dan terstruktur dan sistematis dalam menyelesaikan masalah.Mampu merancang dan melakukan penelitian pada bidang yang terkait dengan matematika, statistika, dan terapannya.Mampu bekerja pada bidang pendidikan yang terkait dengan matematika, statistika, dan terapannya.Mempunyai keterampilan yang baik dalam menganalisa data dan perhitungan numeris.Memiliki kompetensi untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi.

Profil Lulusan Program Studi Matematika (S1)

  • Spesialis Matematika
  • Aktuaris
  • Penyetuju Kredit
  • Penerbit Asuransi
  • Analis Anggaran
  • Pemeriksa Klaim, Asuransi Properti
  • Teller
  • Tenaga Pendidik
     
 
Butuh Bantuan?
Skip to content