Program Studi Kehutanan (S1)

Keunggulan Program Studi Kehutanan (S1)

Memiliki keunggulan dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) tentang hutan dan kehutanan berbasis kepulauan. Hal ini terlihat dalam muatan kurikulum dengan penyesuaian terhadap kondisi biogeografi kepulauan dengan karakteristik pulau-pulau kecil yang diimplementasikan dalam relevansi mata kuliah serta penelitian dan Pengabdian masyarakat pada dosen maupun mahasiswa. Kegiatan Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen berorientasi pada persoalan kehutanan dan lingkungan di Pulau-pulau kecil. 

Hasil-hasil penelitian dan PkM dosen dan mahasiswa dipublikasikan pada berbagai jurnal nasional dan internasional. Bagi mahasiswa kegiatan penelitian bersama dosen dapat menghasilkan penulisan tugas akhir mahasiswa/skripsi

Lulusan dapat bekerja pada lembaga pemerintah, swasta, perusahaan dibidang kehutanan, LSM dan lainnya.

Memiliki Sumberdaya manusia yang berkompeten dibidangnya dengan 3 orang Profesor, 11 orang Doktor dan 23 magister.

Sasaran/Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Program Studi Kehutanan (S1)

Meningkatkan kemampuan lulusan dengan pengetahuan dan kompetensi dasar dibidang kehutanan sehingga mampu bersaing di dunia kerja dan dunia industry.

Meningkatkan kerjasama dengan berbagai mitra/ stakeholder di bidang kehutanan dan bidang lainnya untuk mewujudkan jejaring yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan bagi kepentingan multi pihak

Kompetensi Lulusan Program Studi Kehutanan (S1)

Ilmu Kehutanan mempelajari segala sesuatu tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, sampai pengolahan dan manajemen hasil hutan itu sendiri. Namun tidak hanya bagaimana menghasilkan dan memeroleh hasil hutan saja, ilmu Kehutanan juga termasuk tentang pelestarian hutan tersebut melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan yang erat kaitannya dengan berbagai permasalahan lingkungan. Kehutanan merupakan induk dari cabang program studi Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Teknologi Hasil Hutan, Pengelolaan Hutan, dan Manajemen Hutan, yang termasuk dalam Fakultas Kehutanan. Namun di beberapa perguruan tinggi Kehutanan juga termasuk dari bagian Fakultas Pertanian.

Prospek Kerja/Profil Lulusan Program Studi Kehutanan (S1)

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai Pegawai Negri Sipil, di instansi pemerintahan seperti di lingkungan Kementrian Kehutanan, Kementrian Pertanian, dan Kementrian Pendidikan. Dalam lingkungan Kementrian Pendidikan, lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai dosen perguruan tinggi dan peneliti. Pada sektor swasta, lulusan ini dapat bekerja di bidang pemetaan hutan, industri kehutanan, industri perkayuan, dan badan-badan konservasi hutan.

  • Manajer Usaha Kehutanan
  • Pelaku Usaha Kehutanan
  • Spesialis Konservasi Tanah
  • Ahli Konservasi Hutan
  • Ahli Lingkungan
  • Pengawas Hutan
  • Peneliti Kehutanan
  • Akademisi dan Pendidik
  • BIrokrat
Butuh Bantuan?
Skip to content