Program Studi Ilmu Pemerintahan (S1)

Kompetensi Lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan (S1)

Program studi Ilmu Pemerintahan mempelajari tentang manajemen atau pengelolaan organisasi publik, diantaranya lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, dan lembaga lainnya yang berfungsi dalam menjalankan fungsi negara, yang diatur dalam undang-undang. Disini kamu akan memahami tugas-tugas administrasi, manajemen, dan organisasi pada badan-badan publik. Kamu juga akan dibekali dengan skill public speaking, negosiasi, dan pengetahuan politik.

Sasaran/Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Program Studi Ilmu Pemerintahan (S1)

Menghasilkan Sarjana Ilmu Pemerintahan yang kredibel, berkarakter kelimuan, berciri kepulauan yang mampu bersaing dalam dunia kerja, dengan menyiapakan dan memfasilitasi berbagai kegiatan dan forum-forum diskusi mahasiswa dan komunitas-komunitas mahasiswa di tingkat Prodi dan Fakultas. Dalam bidang prestasi, keberhasilan mahasiswa dibisa dlihat di dalam perlombaan Minat dan Bakat (Olahraga dan Non-Olahraga, keaktivan di Organisasi dan juga Penelitian Kelompok Mahasiswa (PKM), baik yang bertarap Nasional maupun Internasional.

Prospek Program Studi Ilmu Pemerintahan (S1)

Profesi yang diutamakan bagi para lulusan prodi Ilmu Pemerintahan biasanya terkait dengan birokrasi dan administrasi pemerintahan. Lulusan prodi ini dapat berkarir sebagai aparat pemerintahan pusat maupun daerah, staf atau anggota legislatif, dan anggota partai politik. Lulusan Ilmu Pemerintahan juga dapat terjun sebagai konsultan atau pengamat politik dan pemerintahan, menjadi aktivis di berbagai LSM dan Ormas, bahkan tidak tertutup kemungkinan untuk menjadi jurnalis politik.

Profil Lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan (S1)

  • Ilmuan Pemerintahan/Politik yang responsif
  • Praktisi Pemerintahan/Politik yang kapabel
  • Pimpinan Pemerintahan/Politik yang adaptif
  • Aparatur Pemerintahan dan Swasta
Butuh Bantuan?
Skip to content