Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)

Keunggulan Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)

Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki beberapa keunggulan yang membedakannya. Pertama, program studi ini menawarkan pendekatan interdisipliner yang menggabungkan berbagai disiplin ilmu seperti psikologi, sosiologi, antropologi, bahasa, media dan lainnya. Hal ini memberikan pemahaman yang komprehensif tentang komunikasi dalam konteks sosial, budaya, dan psikologis.

Selain itu, kurikulum yang disusun secara komprehensif memastikan bahwa mahasiswa mendapatkan pengetahuan yang mendalam tentang teori komunikasi, strategi komunikasi, analisis media, komunikasi organisasi, komunikasi politik, dan lain-lain. Dengan pemahaman yang kuat dalam berbagai aspek komunikasi, lulusan program studi ini siap menghadapi tantangan dunia kerja yang berkembang pesat di era digital.

Prospek Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)

Komunikasi dibutuhkan dalam segala hal yang kita lakukan. Karena pada dasarnya ilmu komunikasi itu lahir dari berbagai disiplin ilmu sosial seperti sosiologi, ilmu politik, antropologi, dan hubungan internasional, nggak heran kalau prospek lulusan Ilmu Komunikasi juga sangat luas. Lulusan Ilmu Komunikasi nggak hanya bisa berkecimpung di industri media, tapi di berbagai macam organisasi. Sebagai humas atau PR di perusahaan atau di pemerintahan, pengamat komuikasi politik, pengamat media.

Profil Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)

  • Respresentatif Layanan Konsumen
  • Jurnalis, Wartawan Surat Kabar/TV/Cyber Media
  • Penulis/Editor
  • Photograper
  • Konsultan Media
  • Manajer Pemasaran
  • Pengajar Komunikasi
  • Telemarketer

Sasaran/Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)

Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki sasaran dan capaian pembelajaran yang jelas. Sasaran utamanya adalah menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman mendalam tentang teori komunikasi dan mampu menerapkannya dalam konteks praktis. Mahasiswa akan mempelajari berbagai konsep, model, dan teori komunikasi yang menjadi dasar untuk memahami fenomena komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, media massa, organisasi, dan interaksi sosial.

Capaian pembelajaran meliputi pengembangan keterampilan komunikasi yang efektif, baik secara lisan maupun tertulis. Mahasiswa juga diharapkan mampu menganalisis dan memahami dinamika komunikasi dalam berbagai konteks, serta mengaplikasikan strategi komunikasi yang tepat dalam situasi nyata. Dengan demikian, lulusan program studi ini dapat menjadi komunikator yang kompeten, baik dalam bidang akademik maupun profesional.

Kompetensi Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)

Di program studi Ilmu Komunikasi, yang dipelajari bukan hanya cara mengobrol dengan orang lain. Ilmu komunikasi tidak hanya diperuntukkan untuk orang yang suka ngomong atau ekstrovert saja, karena Ilmu Komunikasi sangat luas cakupannya. Kamu yang suka menulis, desain grafis, dan fotografi juga cocok jadi mahasiswa Ilmu Komunikasi. Pelajaran yang di suguhkan di program studi ini juga sangat seru-seru, seperti public speaking, menulis berita, fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, film, dan masih banyak lagi.

Dalam jurusan Ilmu Komunikasi, kamu akan belajar secara lebih dalam mengenai aspek-aspek komunikasi, baik secara teori dan praktik. Kita bisa juga bilang kalau Ilmu Komunikasi itu adalah gabungan antara ilmu dan seni dalam mengolah pesan. Dengan belajar Ilmu Komunikasi, kamu akan belajar memahami apa saja yang terjadi selama komunikasi itu berlangsung.

Butuh Bantuan?
Skip to content