Program Studi Ilmu Kelautan (S1)

Kompetensi Lulusan Program Studi Ilmu Kelautan (S1)

Ilmu Kelautan sangat luas cakupannya, mulai dari ekologi, meteorologi laut, konservasi sumberdaya lingkungan laut, sampai tentang pengelolaan amdal. Tidak sebatas mempelajari tentang lautan saja, tapi juga tentang area pesisir dan pemberdayaan masyarakat sekitar pesisir yang mayoritas merupakan nelayan. Ilmu Kelautan pastinya tak lepas kaitannya dari perikanan. Jadi, pada program studi ini kita akan turut mempelajari ilmu pengetahuan terkait perikanan.

Mampu melakukan eksplorasi dan konservasi sumberdaya dan lingkungan laut, dengan memanfaatkan instrumen observasi, penyelaman ilmiah, pemetaan, sistem informasi kelautan, akustik kelautan, teknik rehabilitasi dan bioteknologi, secara mandiri dan kreatif, sebagai wujud kemampuannya untuk beradaptasi terhadap masalah lingkungan yang dihadapi.

Menguasai teori Biologi Laut, Ekologi Laut, Oseanografi, Pemetaan, Penginderaan Jauh, Sistem Informasi Geografi, Akustik Kelautan, Penyelaman Ilmiah, Konservasi, Teknik Rehabilitasi, serta Bioteknologi, sehingga mampu mengidentifikasi dan memformulasikan penyelesaian masalah eksplorasi dan konservasi sumberdaya dan lingkungan laut secara sistematis.

Mampu berkembang dan menyesuaikan diri dengan kondisi kerja secara individual dan dalam tim, serta mampu mengambil keputusan yang tepat, memimpin dan mengorganisir sumberdaya untuk mencapai tujuan.

Mampu bertanggung jawab atas pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi serta mampu menyelesaikan masalah berbekal sikap kepemimpinan yang didasarkan pada ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa.

 

Prospek Kerja Lulusan Program Studi Ilmu Kelautan (S1)

Jumlah lulusan Ilmu Kelautan dan Ilmu Perikanan yang masih minim menjadikan program studi ini menawarkan prospek lapangan kerja yang sangat besar bagi lulusannya. Lulusan program studi ini memiliki prospek kerja di lembaga-lembaga penelitian pemerintah maupun swasta untuk mengkaji dan meneliti berbagai permasalahan tentang kelautan, di berbagai instansi pemerintahan seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan Provinsi ataupun Kabupaten, sebagai pengajar di bidang ilmu kelautan, bahkan instruktur diving.

Profil Lulusan Program Studi Ilmu Kelautan (S1)

  • Manajer Akuakultur
  • Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan
  • Teknik Kelautan
  • Spesialis Konservasi Alam
  • Dosen
     
Butuh Bantuan?
Skip to content