Program Studi Ilmu Hukum (S1)

Kompetensi Lulusan Program Studi Ilmu Hukum (S1)

“Mampu menyusun dan mempraktikan konsep-konsep hukum, baik dalam lingkup daerah, nasional dan internasional maupun dalam hubungan individual, kolektif dan masyarakat pada umumnya, guna mewujudkan kepastian hukum yang berkeadilan bagi kepentingan bangsa, negara dan masyarakat internasional”

– Kompetensi Utama Lulusan

“Kemampuan menganalisis serta memecahkan masalah-masalah hukum yang aktual”

– Kompetensi Pendukung Lulusan

“Lulusan dengan kemampuan mengembangkan ilmu hukum sesuai kebutuhan yang dihadapi. Untuk memenuhi kompetensi ini, struktur kurikulum Prodi Ilmu Hukum terdiri dari mata kuliah inti dan mata kuliah penunjang. Mata kuliah inti merupakan basis utama kemampuan berpikir, menganalisis dan mengevaluasi, merencanakan, memberi solusi di bidang hukum. Sementara mata kuliah penunjang untuk kemampuan berkarya sesuai dengan posisinya dalam pemerintahan,organisasi dan masyarakat yang digelutinya dalam bentuk kemampuan menganalisis masalah-masalah hukum dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat, selanjutnya menilai, memberi opini hukum dan menentukan keputusan/kebijakan yang tergambar dan terukur dalam menulis dan ujian skripsi”

– Kompetensi Tambahan Lulusan

Kurikulum dengan struktur demikian ditujukan untuk memenuhi visi program studi, yakni Menjadi Pusat Pengembangan Sumberdaya manusia dan ilmu hukum berbasis wilayah kepulauan dan kemaritiman, dan dengan misi mengembangkan ilmu hukum, ketrampilan hukum dan nilai-nilai kearifan lokal serta menerapkan dan menyebarluaskan ilmu hukum berbasis kepulauan dan kemaritiman bagi kesejahteraan masyarakat di wilayah kepulauan.

Profil Lulusan Program Studi Ilmu Hukum (S1)

Saat fokus mengambil pendidikan di jurusan hukum, maka Anda berkesempatan untuk memberikan layanan hukum dan membela hak orang lain dalam perselisihan atau saat terjadi pelanggaran hukum. Jurusan hukum merupakan salah satu pilihan karir yang sangat baik untuk Anda tempuh.

Jurusan hukum menawarkan banyak sekali pilihan karir yang bisa Anda tekuni di masa depan. Dengan perkembangan di dalam bidang hukum dan teknologi menciptakan peluang karir baru yang bisa Anda lakukan.

  • Akademisi (Ilmuan Hukum)
  • Praktisi (Jaksa, Hakim, Advokad))
  • Birokrat
  • Analis Hukum, Peniliti, Aktivis
 
Butuh Bantuan?
Skip to content