Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1)

Keunggulan Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1)

Mampu menjelaskan teori-teori ekonomi, baik teori ekonomi mikro, teori ekonomi makro,teori ekonomi regional maupun teori ekonomi internasional .

Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah ekonomi di level daerah, nasional maupun internasional dengan pemikiran kritis dan inovatif.

Menguasai teknologi informasi, berwawasan luas dan jauh ke depan, berfikir kreatif dan bertindak inovatif, serta kompeten dalam bidang ekonomi pembangunan.

Mampu mengembangkan ilmu ekonomi pembangunan melalui kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah.

Mempunyai etika, moral, dan bersikap profesional dalam bertindak berdasarkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Prospek Kerja/Profil Lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1)

Ekonomi Pembangunan termasuk dalam program studi favorit yang banyak sekali peminatnya, karena lulusan Ekonomi Pembangunan punya peluang berkarier yang cukup bagu. Bahkan lulusannya bisa menduduki posisi yang strategis, karena memang dipersiapkan untuk menjadi pemikir dan perancang di bidang ekonomi. Indonesia adalah negara berkembang yang sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan di mana-mana. Pembangunan ini tentunya memengaruhi perekonomian, begitupun sebaliknya. Lulusan prodi Ekonomi Pembangunan banyak berkecimpung di instansi pemerintah dan lembaga negara, lembaga penelitian, organisasi publik, sektor swasta, perbankan, dan BUMN.

  • Pengajar Bisnis
  • Pengajar Ekonomi
  • Analis Anggaran
  • Juru Taksir
  • Analis Logistik
  • Analis Keuangan

Kompetensi Lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1)

Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu bagian dari ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang. Pembangunan tersebut mencakup industri, perbankan, keuangan, dan bisnis. Selain itu di program studi ini kamu akan menganalisis berbagai isu isu perekonomian untuk kemudian mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif. Di program studi ini kamu dipersiapkan untuk menjadi perencana bidang pembangunan ekonomi sehingga bisa turut membantu terciptanya kesejahteraan bersama.

Sasaran/Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1)

Lulusan Program Sarjana Ekonomi Pembangunan FEB UNPATTI ditargetkan menjadi Sarjana Ekonomi yang mampu mengenali, mengerti, memahami, dan merumuskan alternatif solusi masalah dalam bidang ekonomi yang diminati; serta mampu bertindak sebagai manusia pembelajar yang cerdas, terampil, berbudi luhur, dan mampu berkembang bersama dan untuk manusia lain.

Pada aspek kompetensi pengetahuan, Sarjana Ekonomi lulusan Program Sarjana Ekonomi Pembangunan FEB UNPATTI menguasai teori dan metode ekonomi, permasalahan terkait pembangunan ekonomi secara umum, secara khusus pada bidang peminatan Ekonomi Pembngunan, Ekonomi, Ekonomi Perencanaan dan Ekonomi Moneter, serta materi penunjang dari bidang keilmuan lainnya.

Pada aspek kompetensi keterampilan umum, Sarjana Ekonomi lulusan Program Sarjana Ekonomi Pembangunan FEB UNPATTI mampu secara mandiri menghasilkan buah pikiran ilmiah yang terukur, mampu mengembangkan diri di dalam dan untuk kelompok, serta mampu berkomunikasi dengan bahasa internasional dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Pada aspek kompetensi keterampilan khusus, Sarjana Ekonomi lulusan Program Sarjana Ekonomi Pembangunan FEB UNPATTI mampu menggunakan teori dan data untuk merumuskan dan memecahkan masalah serta mencari alternatif solusi, dan mengomunikasikan hasil kajiannya secara terstruktur, baik lisan maupun tulisan.

Pada aspek kompetensi sikap, Sarjana Ekonomi lulusan Program Sarjana Ekonomi Pembangunan FEB UNPATTI sebagai bagian dari masyarakat, mampu berperilaku sebagai warga negara yang menghargai perbedaan, peduli terhadap lingkungan sekitar serta memberikan kontribusi dalam kehidupan bermasyarakat; sedangkan sebagai individu, lulusan Program Sarjana Ekonomi Pembangunan FEB UNPATTI mampu berperilaku sebagai manusia mandiri yang berintegritas.

Butuh Bantuan?
Skip to content