Program Studi Budidaya Perairan (S1)

Kompetensi Lulusan Program Studi Budidaya Perairan (S1)

Pada program studi Budidaya Perairan kamu akan mempelajari ilmu tentang aktivitas pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar, seperti ikan, udang, tiram, rumput laut, dan sebagainya. Dalam kegiatan budidaya organisme perairan tentunya aspek kualitas air dan wadah sangat diperhatikan. Mirip dengan yang dipelajari pada program studi Budidaya Perikanan, namun cakupan dari program studi Budidaya Perairan lebih luas, dan tidak terbatas hanya pada komoditas ikan saja. Jadi tidak hanya terbatas pada bagaimana pembibitan, pemeliharaan, kesehatan, dan teknologi pakan ikan saja, tapi juga tumbuhan air, serta menyangkut kelestarian lingkungan.

Mampu mengaplikasikan bidang budidaya perairan, memanfaatkan kaidah-kaidah ilmu teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian permasalahan di bidang aplikasi. (Kode KKK1)

Mampu menguasai prinsip site selection dan tata kelola wadah budidaya, prinsip dan teknik pengembangbiakan dan pembesaran ikan, pengelolaan kualitas air, identifikasi dan pengendalian hama dan penyakit, produksi pakan alami, penyusunan formulasi dan pengelolaan pemberian pakan, dan wirausaha. (Kode KKK2)

Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menginterpretasikan permasalahan di bidang budidaya perairan dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi. (Kode KKK3)

 

Mampu bekerja sesuai standar operasional (SOP) budidaya perairan yang tersedia dan dengan bimbingan. (Kode KKK4)

Mampu melakukan supervisi, monitoring, dan evaluasi di dalam industri perbenihan, pendederan, pembesaran ikan, produksi pakan alami dan buatan, diagnosis dan pengendalian penyakit, dan pengelolaan kualitas air secara mandiri atau kelompok. (Kode KKK5)

Mampu bekerjasama, menyesuaikan diri dengan lingkungan ilmiah dan pekerjaan budidaya perairan yang ada, bersikap terbuka, inovatif dan enterprenership (Kode KKK6)

Prospek Kerja Lulusan Program Studi Budidaya Perairan (S1)

Program studi ini memiliki prospek yang sangat cerah kedepannya, kebutuhan akan seorang ahli perairan untuk melihat dan merubah kondisi perikanan di Indonesia. Lulusan dari jurusan ini juga dapat menjadi peneliti tentang laut dan air di Indonesia atau bekerja di departemen pemerintahan yang terkait dengan perikanan dan perairan. Juga menjadi seorang pembudidaya ikan yang memiliki nilai jual bagus.

Profil Lulusan Program Studi Budidaya Perairan (S1)

  • Pengusaha/Wirausaha
  • Peneliti Hewan
  • Spesialis Pengairan
  • Dosen
     
Butuh Bantuan?
Skip to content