Program Studi Bioteknologi (S1)

Kompetensi Lulusan Program Studi Bioteknologi (S1)

Bioteknologi merupakan cabang ilmu Biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia. Saat ini, penerapan ilmu bioteknologi sedang berkembang pesat. Hal yang dipelajari di jurusan ini meliputi teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman dan rekayasa genetika. Ilmu bioteknologi bermanfaat untuk bidang kesehatan, di antaranya untuk mengobati berbagai penyakit. Sementara di bidang pangan, bioteknologi dapat menghasilkan produk tanaman dan makanan yang mengandung sifat unggul dan bernilai gizi yang lebih baik dibandingkan tanaman atau makanan produk biasa. Selama kurang lebih empat dasawarsa terakhir, kita melihat begitu pesat perkembangan Bioteknologi di berbagai bidang. Pesatnya perkembangan Bioteknologi ini sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dimuka bumi. Hal ini dapat dipahami mengingat Bioteknologi menjanjikan suatu revolusi pada hampir semua aspek kehidupan manusia, mulai dari bidang pertanian, peternakan dan perikanan hingga kesehatan dan pengobatan. Perkembangan ini masih sangat lambat di Indonesia sehingga jauh tertinggal dari Negara-negara Asia lainnya seperti India, Cina, Thailand dan Korea.

Kalau kamu tertarik mempelajari mengenai integrasi antara ilmu biologi dengan teknologi (seperti tentang rekayasa genetika), jurusan ini mungkin jadi jurusan yang kamu cari. Apalagi zaman sekarang, prospek kerja di bidang bioteknologi tengah naik daun untuk bidang-bidang industri tertentu seperti AGrikultur, Pangan, Farmasi, serta MEdis dan Kesehatan.

Keunggulan Program Studi Bioteknologi (S1)

Merupakan satu-satunya prodi Bioteknologi di Indonesia Timur, Memiliki dosen-dosen yang kompoten di bidang Bioteknologi, Memiliki kurikulum yang sesuai kebutuhan dunia kerja, Memiliki kurikulum yang fokus pada pengembangan bioteknologi yang berbasis laut pulau dan seimbang antara teori dan praktek, Memiliki fasilitas laboratorium yang memadai.

Sasaran/Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Program Studi Bioteknologi (S1)

Lulusan yang kreatif, unggul, inovatif dan berjiwa wirausaha dalam mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang bioteknologi di dunia kerja

Lulusan yang mampu menghasilkan produk-produk bioteknologi yang inovatif yang berbasis laut pulau dan berkearifan lokal

Prospek Kerja Lulusan Program Studi Bioteknologi (S1)

Bidang bioteknologi memiliki prospek yang sangat cerah di masa depan. Perkembangan bioteknologi akan sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia dan untuk perkembangan industri.

Profil Lulusan Program Studi Bioteknologi (S1)

  • Peneliti/Laboran/Teknisi
  • Akademisi
  • Quality Control
  • Wirausaha
  • Konsultan
Butuh Bantuan?
Skip to content