Program Studi Biologi (S1)

Kompetensi Lulusan Program Studi Biologi (S1)

Prodi Biologi FMIPA Universitas Pattimura adalah program studi yang membekali mahasiswa tentang ilmu dasar Biologi yang mempelajari tentang kehidupan dilaut dan pulau di muka bumi dari level paling dasar hingga level yang kompleks. Dalam bidang Biologi, mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan tentang ilmu Biologi dasar maupun terapan berbasis Biogeografi dan Biodiversitas kepulauan yang dapat dimanfaatkan dalam bidang pekerjaan berbasis pengetahuan dasar maupun aplikatif.

Pembelajaran bidang Biologi juga tidak hanya berbasis pembelajaran di laboratorium tetapi juga pembelajaran di alam sehingga pengalaman yang diperoleh akan lebih luas. Dalam proses pembelajaran tidak hanya pengetahuan yang ditinggkatkan tetapi keterampilan dalam bidang Biologi maupun terapan juga diitingkatkan karena proses pembelajaran tidak hanya ditunjang oleh sarana dan prasarana yang mumpuni tetapi juga ditunjang dengan tenaga pengajar yang sudah sangat baik kualifikasinya. Dalam meniti karier, pengalaman yang diperoleh selama perkuliahan akan memberikan peluang kerja dan studi pada jenjang S2 dan S3 yang lebih luas karena tidak hanya pengalaman keilmuan yang diperoleh tetapi juga pengalaman berorganisasi dan manajemen melalui berbagai aktivitas kegiatan himpunan mahasiswa dan kepanitiaan dalam lingkup Prodi Biologi.

Prospek Kerja Lulusan Program Studi Biologi (S1)

Berbicara tentang prospek lulusan, karier dan profesi untuk jurusan ini sangat beraneka ragam. Ilmu biologi akan terus berkembang, penemuan organisme baru, pendalaman ilmu untuk menemukan kebenaran baru atau memperkuat kebenaran Lulusan prodi Biologi dapat bekerja sebagai Peneliti Laboratorium, Analis, Field Researcher, hingga ahli hewan dan tumbuhan liar.

Sasaran/Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Program Studi Biologi (S1)

Mahasiswa memiliki sikap bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, norma dan etika dalam kehidupan bermasyarakat, menghargai perbedaan, mandiri dan berdisiplin. Dalam pengembangan keilmuan, mahasiswa akan menguasai konsep-konsep dalam bidang ilmu Biologi, menganalisis dan mengintegrasikan aspek Biodiversitas dan Biogeografi kepulauan, mengembangkan IPTEK dan mengembangkan wirausaha dalam bidang Biologi, memiliki dasar pengetahuan, karakter pembelajar dan keterampilan dalam mempelajari berbagai aspek kehidupan yang bisa dikembangkan dalam bekerja dan berwirausaha serta melanjutkan studi untuk pengembangan kemampua keilmuan lebih tinggi.

Profil Lulusan Program Studi Biologi (S1)

  • Teknisi Biofuel
  • Pegawai Indentifikasi
  • Ahli Biostatistik
  • Ahli Biologi
  • Ahli Biomedis
  • Teknisi Pembangkit Biomassa
  • Peneliti Bioinformatika
  • Ahli Biologi Molekul dan Sel
  • Pengajar Ilmu Agrikultural
  • Ahli Teknologi Sitogenetik
Butuh Bantuan?
Skip to content