Program Studi Bimbingan Konseling (S1)

Kompetensi Lulusan Program Studi Bimbingan Konseling (S1)

Pada program studi ini kamu akan mempelajari ilmu pendidikan, berhubungan dengan cara pembelajaran, pemahaman pendidikan, dan pemahaman terhadap peserta didik. Ilmu pendidikan digunakan sebagai dasar dalam melakukan bimbingan bagi dunia pendidikan. Selain itu materi yang pasti didapat adalah Ilmu Psikologi, karena memang Bimbingan Konseling merupakan cabang dari ilmu psikologi. Ilmu psikologi yang didapat meliputi pemahaman kepribadian, ilmu perilaku manusia, teori psikologi, dll. Kita sering mengenal peran BK di sekolah, yaitu memberikan bimbingan dan arahan secara psikologi kepada siswa. Kasus-kasus seperti kenakalan remaja, tawuran, penyalah gunaan narkoba, dan semua hal negatif tersebut perlu Penanganan dari seorang konselor.

Selain mengatasi masalah negatif, Konselor juga berperan dalam memandu siswa dalam mengarahkan minat dan bakat agar menjadi hal yang positif. Untuk memecahkan masalah tersebut biasanya konselor memberikan tes psikologi. Bimbingan konseling di SMA dapat menjadi pemberi konsultasi bagi siswa untuk memilih jurusan perkuliahannya. Tidak hanya di dunia pendidikan, Bimbingan konseling juga dibutuhkan di masyarakat. Konselor memiliki peran besar dalam memberikan arahan pada masyarakat yang bertindak negatif, memberikan penyuluhan di bidang kesehatan mental, pendidikan bagi anak jalanan, dan mengatasi kasus kasus sosial.

Profil Lulusan Program Studi Bimbingan Konseling (S1)

  • Psikolog Konseling
  • Konselor Edukasi
  • Dosen Psikologi
  • Hipnoterapis
  • Psikolog Sekolah
  • Guru Vokasi
  • Spesialis Sumberdaya Manusia
  • Mediator Keluarga

Prospek Kerja Program Studi Bimbingan Konseling (S1)

Lulusan dari program studi ini dipersiapkan menjadi Prospekonal dalam bidang bimbingan dan konseling, diharapkan dapat bekerja sebagai guru BK pada setting pendidikan dasar, maupun menengah, serta pengembang pelatihan bidang akademik, pribadi, sosial dan karir pada setting pendidikan non-formal. Lulusan Bimbingan dan Konseling banyak yang diterima sebagai konselor di dunia pendidikan, PAUD, TK, SD,SMP, SMA, dan Universitas.

Selain itu mereka juga dibutuhkan sebagai Tenaga Konselor di Pusat Rehabilitasi, Lembaga Pemasyarakatan, Perkumpulan Keluarga berencana Indonesia (PKBI), Konsultan pengembangan SDM, Badan Penasehat Pembinaan Pelestarian Perkawinan (BP4), Kementerian Agama, Konselor dan Konsultan Pendidikan di Lembaga-Lembaga Bimbingan Belajar (LBB). Lulusan dari jurusan ini juga bisa membuka praktek sendiri sebagai konseling untuk masyarakat umum. Tapi untuk mendapatkan ijin melakukan sebuah tes psikologi kamu harus memiliki gelar S2.

Butuh Bantuan?
Skip to content