Pengambilan Sumpah dan Pelantikan 6 Dokter Baru FK Unpatti

UNPATTI,- Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura menggelar Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan 6 Dokter Baru,  Lulusan XXIX Periode Januari Tahun 2024. Kegiatan berlangsung di lantai 3 Auditorium Fakultas Kedokteran Unpatti pada, Selasa (30/1/2024) dan dihadiri oleh para Wakil Rektor, Sekretaris Senat, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Ketua IDI Wilayah Maluku, Ketua IDI Kota Ambon, para Direktur Rumah Sakit jejaring FK Unpatti,Ketua Komite Koordinasi Pendidikan Profesi RSUD Haulussy Ambon, Perwakilan Basarnas, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon, Kepala Puskesmas jejaring FK Unpatti, serta Para Koordinator dan Sub Koordinator,Para Wakil Dekan, Ketua Prodi Pendidikan Sarjana Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter, para Staf Pengajar dalam lingkup FK Unpatti dan kelurga.

 Ke-6 Dokter baru yang dilantik adalah :

  1. dr. Aldo Evan Wijaya, S.Ked
  2. dr. Gebby Meiriska Plaly, S.Ked
  3. dr. Ona Gressye Natasian, S.Ked
  4. dr. Sri Yunita, S.Ked
  5. dr. Diva Diah Pati, S.Ked
  6. dr.Reski Toding Allo Lebang, S.Ked

Wakil Dekan Bidang Akademik FK Unpatti drg. Christiana Rialine Titaley, MIPH., Ph.D.  Dalam laporannya mengatakan, ke-6 dokter baru ini merupakan dokter dari Fakultas Kedokteran Unpatti yang telah menjalani tahap pre-klinik dan profesi dokter selama kurang lebih enam tahun. Tahap kepaniteraan klinik telah berlangsung di berbagai rumah sakit dan puskesmas di Wilayah Provinsi Maluku, Kantor kesehatan pelabuhan Ambon, BASARNAS, klinik dokter keluarga, serta beberapa puskesmas di wilayah pelayanan Dinas Kesehatan Kota Ambon. Untuk rumah sakit dan rumah sakit pendidikan di luar Ambon, para dokter baru ini telah menempuh kepaniteraan klinik di RSP FK. Universitas Hasanuddin Makasar dan RSUD dr Soetomo Surabaya. Setelah menyelesaikan kepaniteraan klinik, para dokter baru ini telah mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa program Profesi Dokter (UKMPPD) yang dilakukan secara nasional, sebagai exit exam dalam menentukan kelulusan dan kompetensi mereka untuk memperoleh gelar dokter.

Lanjut dikatakan, tingkat kelulusan yang baik telah dicapai oleh para dokter baru  yaitu sebesar 75% untuk para first takers. Dengan demikian presentase kelulusan first takers FK unpatti sebesar 83 %, yang merupakan angka kelulusan baik di Indonesia, terutama di Kawasan Indonesia Timur. Hingga saat ini jumlah dokter yang diluluskan dari Fakultas Kedokteran Unpatti telah bertambah menjadi 386 dokter.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, Universitas Patitmura terus berupaya dalam meningkatkan kualitas dan memberikan kontribusi dalam pelayanan kesehatan bagi pembangunan dan kesejahteraan Negara khususnya kepada masyarakat di daerah Maluku. “Fakultas Kedokteran tanpa terasa sudah 16 tahun berkiprah di Provinsi Maluku. Sejak 2008 berdiri dengan nama Program Pendidikan Dokter dan pada tahun 2012 beralih menjadi Fakultas Kedokteran, Fakultas kedokteran terus berkembang dan hal ini juga tidak  terlepas dari dukungan pemerintah Daerah.” ungkap rektor. Animo masyarakat dari seluruh Indonesia untuk masuk ke FK unpatti sangat besar. Penerimaan mahasiswa FK unpatti dilakukan sesuai dengan kuota yang tersedia, ini dilakukan agar tidak terjadi overload yang nantinya akan berdampak pada penurunan kualitas lulusan calon dokter.

Rektor berharap,  pemerintah Kabupaten/Kota maupun Provinsi terus memberikan support dari bagi  pengembangan FK terutama bagi kebutuhan fasilitas pendukung pembelajaran & laboratorium. “Fakultas Kedokteran telah meluluskan 386 dokter, untuk itu diharapkan pemerintah Kabupaten/Kota maupun Provinsi dapat menempatkan para lulusan dokter FK Unpatti  pada puskesmas yang ada di Maluku sehingga pelayanan kesehatan dapat dirasakan oleh semua masyarakat khususnya mereka yang ada di pulau-pulau,” ungkapnya

Perwakilan Dokter Baru, dr. Sri Yunita dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada orang tua,para dosen  dan seluruh staf  FK Unpatti yang telah berjasa dalam proses perkuliahan mulai dari masuk  fakultas kedokteran hingga hari ini. “Sebagi dokter baru kami berharap, dapat mengemban tanggung jawab sebagai dokter untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik sesuai sumpah yang telah kami ikrarkan hari ini,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Dr. dr. Bertha Jean Que,. Sp.S., M.Kes mengatakan dokter muda harus dapat melewati segala tantangan dengan penuh semangat  dan tetap maju untuk melayani kepentingan masyarakat sebagaimana telah diikrarkan didalam sumpah Dokter, iklas dalam menjalankan tugas pengabdian kepada masyarakat  serta siap ditempatkan dimana saja. Selanjutnya dokter baru ini akan menjalani kegitan interenship.

Dikatakan  Pihak Fakultas tetap berkordinasi serta berkerja sama dengan pihak pemerintah Provinsi maupun Kota, karna pada kenyataannya masih kekurangan dokter pada puskesmas yang tersebar di Provinsi Maluku yang berjumlah 215, padahal  lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura telah mencapai 385 lulusan. Hal ini perlu menjadi perhatian bersama pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan terus membenahi fasilitas kesehatan dan hal penunjang lainnya, serta memberdayakan lulusan FK sehingga kedepanya seluruh Masyarakat di Provinsi Maluku mendapat pemerataan pelayanan pada sektor kesehatan.

Acara dilanjutkan dengan, Pengambilan dan pelantikan Sumpah Dokter oleh Dekan FK Unpatti, Dr. dr. Bertha Jean Que, Sp.S., M.Kes., penandatangan Bukti Angkat Sumpah Dokter Indonesia dan Penandatanganan bersedia di tempatkan di Provinsi Maluku. Selanjutnya Rektor unpatti  menyerahkan para dokter baru kepada organisasi profesi yakni Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang diterima langsung oleh Ketua IDI Wilayah Maluku, dr. M. Saleh Tualeka, Sp.M., M.Kes.

“Selamat berkarya para dokter muda”

#UniversitasPattimura
#HumasPattimura
#PengambilanSumpahdanPelantikan6DokterBaruFKUnpatti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *