Satgas PPKS Unpatti Gencar adakan Sisoalisasi Pencegahan dan Penangggulangan Seksual

UNPATTI,- Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Dan penanggulangan Kekerasan  Seksual (PPKS) Unpatti Gencar menggelar sosialisasi Pencegahan dan Penangggulangan Seksual. Kegiatan ini merupakan  lanjutan dari  roadshow yang sebelumnya telah dilakukan beberapa hari lalu di fakultas Pertanian.

Sosialisasi Pencegahan dan Penangggulangan Seksual terus dilakukan di lingkungan Universitas Pattimura sebagai bentuk kepedulian, edukasi dan upaya percegahan terjadinya kekerasan seksual di lingkungan kampus.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai dari tanggal 20-21 September 2023 pada tiga Fakultas yakni, Fakultas Hukum, Fakultas FKIP dan Fakultas Pertanian.

Ketua Satgas PPKS Unpatti Prof. Dr. Ir. A. M. Sahusilawane, MS dalam arahannya mengatakan UU Nomor 30 tahun 2021 Tentang Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual  di Perguruan Tinggi harus dapat diimplentasikan sehingga kampus dapat merdeka dari segala bentuk kekerasan dan menjadi lingkungan yang kondusif bagi warganya. Masalah kekerasan seksual dikampus harus menjadi perhatian khusus dan tanggung semua warga kampus kerena bentuk kekerasan seksual tidak hanya lewat sentuhan saja tetapi juga kekerasan seksual dapat melalui ujaran maupun tatapan.

“Mahasiswa harus berani speak up, ketika terjadi kekerasan seksual dan siapapun yang melakukan tindakan demikian, maka jangan pernah takut dan malu untuk melaporkannya ke satgas PPKS Unpatti, karena ketika ada laporan yang diberikan kami akan tindak sesuai dengan mekanisme yang berlaku dan kerahasiaan anda kami jaga” ungkapnya.

Harapnya, melalui materi yang diberikan oleh para narasumber dapat membuka wawasan para mahasiswa bagaimana dan apa yang harus dilakukan ketika mengalami tindakan kekerasan seksual. Mari Bersatu untuk menyikapi hal ini  dengan demikian Unpatti akan bebas dari kekerasan seksual.

Wakil Rektor Bidang Kemahaiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Jusuf. Madubin, M.Si dalam sambutannya meyampaikan apresiasi kepada PPKS Unpatti yang telah melakukan sosialisasi di lingkungan Universitas Pattimura.

Kekeresan  seksual seperti gunung es dimana yang Nampak hanya kecil tapi sesungguhnya yang tersembunyi sangat banyak untuk itu, Prof. Madubun berharap, lewat sosialisasi ini mahasiswa diberikan pencerahan terkait dengan apa itu kekerasan seksual dan bagaimana modus dan bentuk dari kekerasan seksual dari berbagai segi sehingga kita dapat bergandengan tangan untuk memberantas kekerasaan seksual di Universitas Pattimura.

Narasumber pada sosialisasi ini, Dr. J. Mustamu SH., MH., Patrick Corputty, SH.,MH., Priska Sampe, S.Psi., M.Si., Ibu Baihajar Tualeka., Pdt. Sandra Irene Pesuarisa, M.TH.

“Mari Bersatu Tolak Kekerasan Seksual Di Lingkungan Kampus”

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#SatgasPPKSUnpattiGencarAdakanSisoalisasiPencegahandanPenanggulanganSeksual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *