Dusun Telaga Kodok Gelar Festival Ketupat Tahun 2023

UNPATTI,- Dalam rangka memperkuat tali silaturahmi, Pembangunan Ekonomi Desa dan Memelihara Nilai Budaya, maka melalui Perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H/Tahun 2023 M Dusun Telaga Kodok, Desa Hitu, Kecamatan Leihitu menggelar kegiatan “Festival Ketupat Tahun 2023” yang berlangsung di halaman Masjid Al-Falah Telaga Kodok, Sabtu, 01 Juli 2023. Masyarakat Dusun Telaga Kodok telah membuat stand dengan jumlah sekitar 40-an yang didalamnya menyajikan kuliner bagi para pengunjung secara gratis. Kegiatan ini sudah memasuki tahun kedua dan merupakan inisiatif masyarakat Telaga Kodok dalam mendorong potensi wisata Telaga Kodok sebagai desa penyangga wisata kuliner di Jazirah Leihitu. Tema yang diangkat dalam tahun ini “Datang Sebagai Tamu, Pulang Sebagai Keluarga Dalam Bingkai Hidup Orang Basudara di Maluku”.

Rektor Univerasitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum diawal sambutannya memberikan apresiasi kepada Masyarakat Dusun Telaga Kodok karena telah menggagas dan menyelenggarakan kegiatan ini dengan tujuan untuk melestarikan dan mengembangkan budaya di Maluku.

Beliau juga mengatakan, Dusun Telaga Kodok merupakan Desa Binaan Universitas Pattimura.  Desa binaan sendiri merupakan suatu program pembangunan masyarakat dengan target lokasi sebuah desa yang memenuhi kriteria untuk menjadi sebuah desa binaan, Mengembangkan desa binaan merupakan pilihan yang tepat dan strategis baik untuk kepentingan pembangunan nasional.

“Jadi Dusun Telaga Kodok ini merupakan salah satu Desa Binaan Universitas Pattimura. Selain Dusun Telaga Kodok, Negeri Ouw yang berada di Pulau Saparua juga merupakan Desa Binaan Universitas Pattimura”, ujar Prof. Saptenno.

Beliau berharap, semoga Festival ini akan terus berlangsung sehingga budaya dan kuliner di Maluku dapat terus dikembangkan.

Festival Ketupat Tahun 2023 dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Maluku, Forkopimda Kabupaten Maluku Tengah, PT Astra International Tbk, masyarakat Dusun telaga Kodok dan masyarakat umum.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#FestivalKetupat2023
#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *