FKIP Unpatti Laksanakan Pembekalan PLP Tahun Akademik 2022/2023

UNPATTI,- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura (FKIP Unpatti) laksanakan Pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 yang bertempat di Lantai 2 Aula Rektorat Universitas Pattimura, Selasa, 12/10/2022.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 12 – 13 Oktober 2022 yang diikuti oleh 564 mahasiswa FKIP Unpatti secara hybrid dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. I. H. Wenno, M.Pd dengan materi “Guru Yang Mempesona”., Instruktur SPN Polda Maluku dengan materi “Bela Negara”., Dr. K. Anaktototy, M.Pd dengan materi “Etika dan Kompetensi Guru”., Dr. Anatasija Limba, M.Pd dengan materi “Teknis Pelaksanaan PLP”., Dr. Lani Laturiuw, M.Pd dan Sri Luluk Agustiningsih, M.MPd dengan materi “Desain Pembelajaran”.

Ketua PLP FKIP Unpatti, Dr. Anatasija Limba, M.Pd mengatakan, kali ini pelaksanaan PLP FKIP Universitas Pattimura akan bersamaan dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Hal ini tentunya dapat terealisasi atas kerjasama antara pengelola KKN dengan pimpinan tingkat fakultas dan universitas.

Dikatakan pula, penempatan mahasiswa PLP tentunya akan dilihat pada karakteristik dari masing-masing program studi. Mahasiswa akan ditempatkan pada tiga lokasi di Maluku antara lain Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Lanjutnya, mahasiswa yang akan kita terunkan kelapangan sebanyak 564 orang, terdiri dari:

  1. Prodi Pendidikan Fisika sebanyak 32 orang
  2. Prodi Pendidikan Biologi sebanyak 14 orang
  3. Prodi Pendidikan Matematika sebanyak 12 orang
  4. Prodi Pendidikan Kimia sebanyak 37 orang
  5. Prodi Bimbingan dan Konseling sebanyak 26 orang
  6. Prodi Pendidikan Jasmasi, kesehatan dan Rekreasi sebanyak 64 orang
  7. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebanyak 110 orang
  8. Prodi Pendidikan Luar Sekolah sebanyak 4 orang
  9. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak 63 orang
  10. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 52 orang
  11. Prodi Pendidikan Bahasa Jerman sebanyak 13 orang
  12. Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebanyak 40 orang
  13. Prodi Pendidikan Ekonomi sebanyak 37 orang
  14. Prodi Pendidikan Sejarah sebanyak 6 orang
  15. Prodi Pendidikan Geografi sebanyak 54 orang

Beliau berharap, pelaksanaan PLP di semester ini dapat berjalan dengan baik dan mahasiswa diharapkan mampu memahami apa yang menjadi tugas pokok dari pelaksanaan pembekalan PLP saat ini.

Dekan FKIP Unpatti, Prof.  Dr. I. H. Wenno, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, Pengenalan Lapangan Persekolahan atau PLP adalah sebuah proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan. Tujuannya, untuk memperkuat jati diri calon pendidik dan membentuk kesiapan calon pendidik.

Dikatakan pula, menjadi seorang guru yang professional harus memiliki kemampuan dalam mendesign pembelajaran, kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran dan kemampuan dalam mengevaluasi.

Beliau berharap agar para mahasiswa PLP FKIP Unpatti dapat mengerti dan memahami setiap materi yang dibawakan oleh narasumber sehingga nantinya dapat diimplementasikan di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *