Tingkatkan Mahasiswa Yang Kompetitif, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Gelar ON MIPA Tingkat Universitas Pattimura Tahun 2022

UNPATTI,- Bidang Kemahasiswaan dan Alumni gelar Seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON-MIPA PT) Tahun 2022 tingkat Universitas Pattimura, yang meliputi empat bidang ujian yaitu, Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Pada olimpiade ini total jumlah peserta mencapai 65 mahasiswa dari berbagai Fakultas di lingkungan Universitas Pattimura ynag masing-masing bidang terdiri dari Bidang Biologi 16 peserta, Fisika 16 peserta, Kimia 13 peserta, Matematika 20 peserta.

Kegiatan ON MIPA yang dilaksanakan secara luring, berlangsung di ruang Auditorium lantai 4 Fakultas MIPA Universitas Pattimura. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M.J. Saptenno, SH, M.Hum juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si., Kepala Biro AKPHM., Dekan Fakultas MIPA., Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dalam lingkungan Universitas Pattimura., Koordinator Kemahasiswaan dan Humas., para Tim Penilai dan Penyusun.

Rektor dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat penting dilakukan   untuk mencari bibit unggul di Universitas Pattimura dalam bidang MIPA sehingga mampu berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional. Kegiatan ini juga menjadi pemicu kedepannya dapat membentuk suatu wadah untuk membekali mahasiswa dalam ajang kompetisi yang lebih kompetitif. “Tim penilai dalam melakukan penilaian harus bersifat objektif sehingga dapat melihat kemampuan dari masing-masing peserta yang akan berlomba pada tingkat Wilayah, Nasional maupun Internasional”, tegasnya.

Rektor berharap kedepannya mahasiswa unpatti akan mengikuti berbagai ajang  kompetisi dan mampu membawa nama Unpatti lebih harum di kanca internasional. Lebih dari itu kegiatan ini juga diharapkan mampu membangkitkan semangat mahasiswa Unpatti agar mampu  berkompetisi secara  cerdas dan sportif.

Francis Y. Rumlawang, S.Si, M.Si dalam laporannya mengatakan, ON MIPA merupakan Kompetisi Nasional bergensi yang diadakan setiap tahun dan para peserta disaring dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia mulai dari Tingkat Universitas, wilayah/Regional, Nasional maupun Internasional. Dikatakan pula tahun ini ON MIPA berlangsung secara daring maupun luring.

ON MIPA Perguruan Tinggi mempunyai 3 tahapan, yaitu Seleksi tahap awal dengan melibatkan 65 peserta dari 5 Fakultas yaitu Fakultas MIPA, Pertanian, Teknik, Kedokteran, Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dari hasil seleksi tahap awal akan terpilih 5 mahasiswa terbaik pada masing-masing bidang (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi). Selanjutnya peserta terpilih tersebut akan melangkah ke tahap 2 yakni seleksi tingkat Regional yang akan diselenggarakan secara daring dari tanggal 23-24 Juli 2022. “Merupakan suatu kebanggaan bagi mahasiswa yang mewakili Universitas Pattimura untuk mengikuti selekasi ditingkat Regional”. Perlu adanya pembinaan dari dosen ahli dibidang terkait guna membekali mahasiswa dalam berkompetisi.

Beliau berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, dan siapapun yang terpilih pada tingkat Universitas Pattimura, mampu bersaing di tingkat regional maupun Nasional.

Selamat berkompetisi mahasiswa Universitas Pattimura…

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#ONMIPAUnpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *