Saptenno Menjadi Narasumber Pada Kegiata Ikatan Alumni UPI KOMDA Maluku

UNPATTI,- Ikatan Alumni UPI Komisariat Daerah Maluku bekerjasama dengan Universitas Pattimura mengadakan ZOOMINAR Pendidikan dengan mengusung tema “Pendidikan Bermutu di Musim Pandemi : Tantangan dan Jawabannya” menggunakan Aplikasi Zoom, Selasa (9/6).

Agustinus Ufie, S.Pd, M.Pd selaku Ketua IKA UPI KOMDA Maluku dalam wawancaranya menjelaskan  IKA UPI KOMDA MALUKU telah terbentuk sejak tahun 2014 merupakan sebuah organisasi Profesi yang mengakomodir Alumni Universitas Pendidikan Indonesia – Bandung.

Tujuan diadakan Zoominar ini menurut Agustinus yaitu tujuan internal dan exterenal, dari sisi interenal tujuannya untuk merekatkan hubungan antara sesama Alumni ditengah Pandemi Covid-19, dari sisi externalnya mempunyai dua point penting yaitu pertama kegiatan ini merupakan program organisasi, salah satunya mengadakan Seminar Nasional yang sedianya dilaksanakan secara langsung akan tetapi karena situasi Pandemi Covid-19 sehingga dilakukan secara virual, yang kedua sebagai Alumni Universitas Pendidikan Indonesia dalam menghadapi masa pandemi ini ingin mengajak semua masyarakat, para pakar pendidikan untuk bagaimana membangun kualitas pendidikan di Indonesia lebih baik lagi di masa Pandemi Covid-19 yang memang menjadi tantangan tetapi sekaligus mencari jawaban apa yang harus dilakukan. Zoominar ini menghadirkan Narasumber yang kompeten dalam Bidang Pendidikan yaitu Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H. M.Hum., Direktur Pendidikan dan Agama PPNI/BAPENAS RI, Amich Alhumami, M.A, M.Ed, Ph.D., Ketua PB PGRI, Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd., Ketua Umum IKA UPI, Dr. (HC) Enggaritiasto Lukita, dengan Moderator Dosen FKIP Universitas Pattimura,  Dr. A. Limba, M.Pd

Lanjutnya, manfaat yang bisa diambil dari pelaksanaan Zoominar adalah bahwa kegiatan ini akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi untuk pembangunan dan peningkatan pendidikan di Tingkat Provinsi  akan diteruskan kepada Pemerintah Daerah di Provinsi terutama pembangunan pendidikan ditengah Pandemi Covid-19 pada daerah kepulauan/pulau-pula kecil yang ada di Maluku dan melalui Pengurus Pusat akan disuarakan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait apa yang menjadi rekomendasi untuk menjadi perhatian di tingkat Nasional. “Yang jelas bahwa hasil dari pelaksanaan Zoominar ini akan ditindaklanjuti demi pengembangan pendidikan Indonesia khususnya pengembangan pendidikan di Provinsi Maluku”.

Peserta yang mengikuti kegiatan berjumlah kurang lebih 465 orang dari seluruh wilayah Indonesia, yang terdiri dari Akademisi, Guru, perseorangan yang berkompeten. Menurut Agustinus Banyaknya Guru yang mengikuti Zoominar ini karena salah satu pembicaranya merupakan ketua Umum PB PGRI.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *