PENCANANGAN DIES NATALIS KE-60 FISIP UNPATTI

UNPATTI,- Selasa (24/9) Bertempat di pelataran parkir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dilaksanakan Pencanangan Dies Natalis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura dengan sorotan Tema “60 Tahun FISIP Mengabdi dan Berkarya Mewujudkan Pelayanan Prima Yang Bermutu 1959-2019”

Acara dimulai dengan Laporan Ketua Panitia Dies Natalis ke-60 FISIP UNPATTI Dr. Tontji Soumokil, MA dan dilanjutkan pencanangan bulan Dies Natalis ke-60 FISIP UNPATTI dengan penekanan Tombol oleh Dekan FISIP UNPATTI, Prof. Dr. T. D. Pariela, MA. Selanjutnya pelepasan balon oleh Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum didampingi oleh Dekan FISIP, Ketua Senat FISIP dan Ketua Panitia Dies Natalis ke-60 FISIP UNPATTI. Dengan penekanan Tombol dan Pelepasan balon sebagai tanda pencanangan bulan Dies Natalis ke-60 FISIP UNPATTI kita mewujudkan pelayanan prima yang bermutu.

Acara dilanjutkan dengan Penyerahan Buku dari Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS kepada Dekan FISIP UNPATTI yang menandakan penetapan kerjasama antar FISIP UNPATTI dengan IPDN.

Prof. Dr. T. D. Pariela, MA dalam sambutannya mengatakan beberapa saat kedepan FISIP UNPATTI akan memasuki usia yang ke-60, usia yang belum tentu tua tetapi juga tidak bisa dikatakan masih muda melainkan usia yang matang terutama dalam rangka menempatkan dirinya ditengah dinamika kehidupan bermasyarakat dan berbangsa terutama di Provinsi Maluku. Dalam usia ke-60 ini telah lahir puluhan ribu alumnus dari kandungan Ibu asuh Almamater oleh karena itu seluruh warga FISIP UNPATTI selalu mengatakan 60 tahun FISIP mengabdi dan berkarya.

Lanjutnya, Pariela mengatakan di lingkungan Universitas Pattimura FISIP adalah Fakultas tertua kedua setelah Fakultas Hukum artinya bahwa secara tersirat FISIP termasuk yang dituntut untuk memberikan kontribusi signifikan bersama–sama dengan Fakultas lainnya untuk medinamisasi  kemajuan UNPATTI yang sama–sama kita cintai. Oleh karena itu untuk beberapa tahun terakhir Dekan dan seluruh jajaran telah melakukan konsolidasi Instutisonal bahkan sampai ke lefel prodi sehingga hampir tuntas. Dekan berharap untuk seluruh proses konsolidatif ini tetap terpantau dengan baik melalui sistim yang telah kita bangun dan sepakati bersama, itu adalah komitmen dalam rangka mewujudkan FISIP bermutu.

Dekan mengucapkan terimakasih kepada Bapak Rektor dan juga jajarannya yang telah memberikan asistensi atau pendampingan terus menerus juga dorongan bagi FISIP untuk berkembang. Ucapan terimakasih diberikan kepada Prof. Sadu dan ibu Alisa yang merespon undangan dari FISIP, juga kepada Panitia yang sudah memberikan waktu dan tenaga bagi kelancaran kegiatan ini.

Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum mengatakan Pak Dekan pada kepemimpinnya memberikan gebrakan–gebrakan yang luar biasa dan itu menunjukan bahwa beliau cinta pada UNPATTI bukan hanya pada FISIP saja yang artinya FISIP maju UNPATTI maju.

FISIP dalam mengembangkan kegiatan akademiknya adalah langkah yang bijaksana dan mestinya kita sadari bahwa begitu pentingnya Ilmu Sosial. Dengan apa yang dilakukan oleh FISIP ini memberikan kesan bahwa UNPATTI walaupun ada di Timur jauh dari Jakarta, akan tetapi  matahari tidak pernah muncul dari barat melainkan matahari itu muncul dari timur.  Oleh karena itu walaupun kita tidak diperhatikan tetapi kita tetap bersinar terus karena matahari tetap bersinar dari Timur, Indonesia tidak akan maju kalau Maluku tidak maju. Mari kita berdiskusi mengembangkan pikiran–pikiran kita untuk kedepan bagaimana peran Ilmu Sosial berkontribusi bagi pembangunan terutama pembangunan ekonomi Indonesia. Kedepan diperhatikan sistem pemerintahan di wilayah kepulauan karena itu sangat penting dan dalam waktu yang tidak terlalu lama undang–undangnya juga segera di setujui oleh DPR sehingga menjadi dasar bagi pembangunan wilayah kepulauan.

Pada hari ini dimulai dengan pencanangan, Seminar dan segala kegiatan yang ada sehingga Rektor berharap agar pemikiran-pemikiran tersebut dapat diimplementasikan menjadi buku supaya bisa bermakna bagi banyak orang.

Rektor berterimakasih bagi Dekan FISIP karena sudah melakukan banyak hal membawa FISIP ke level Internasional.

Akhir dari rangkaian kegiatan Bulan Pencanangan Dies Natalis FISIP dengan Doa dan dilanjutkan dengan Seminar Nasional bertemakan “Peranan Ilmu-Ilmu Sosial Dalam Pengembangan Wilayah Dan Masyarakat Kepulauan” menghadirkan Narasumber Alisa Q. Munawaroh Wahid dari Gusdurian Nasional Networking dengan topik Peran Komunikasi dalam Masyarakat Kepulauan dan Multikultur dan Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS dari IPDN dengan topik Politik dan Birokrasi Kepulauan yang bertempat di Auditorium Lantai III FISIP UNPATTI .

Acara dihadiri oleh para Wakil Rektor, para Ketua Senat Fakultas, para Dekan , para Ketua Lembaga  para Wakil Dekan dalam lingkungan UNPATTI dan unsur Pimpinanan FISIP UNPATTI dan keluarga Besar FISIP UNPATTI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *