Kerjasama PSP Unpatti - UGM

FGD dan SEMINAR Pelembagaan Dan Pembudayaan Nilai Pancasila PSP UNPATTI-PSP UGM

Unpatti Ambon (Kamis, 3/5/2018) – Pusat Studi Pancasila Universitas Pattimura (PSP-UNPATTI) bekerja sama dengan Pusat Studi Pancasila Universitas Gajah Mada (PSP-UGM) Yogyakarta menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang di lanjutkan dengan Seminar tentang pelembagaan dan pemberdayaan nilai-nilai pancasila di perguruan tinggi. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang Senat lantai IV gedung Rektorat Unpatti, pkl. 08.30 WIT s/d.12.30 WIT.

Kegiatan yang di buka Oleh Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH, M. Hum ini mendatangkan tiga Nara Sumber yakni Dr. Rizal Mustansyir Tim Peneliti UGM, Dr. Andi M. Akhmar dari UNHAS dan Prof. Dr. Aholiab Watloly Ketua PSP UNPATTI, yang secara bersama menyampaikan materi tentang konsep dan kebijakan pelembagaan dan pembudayaan pancasila berdasarkan UU No 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, model pelembagaan dan pembudayaan pancasila.

Kepala Pusat Studi Pancasila UGM, Dr. Heri Susanto di sela-sela kegiatan mengatakan, idealnya nilai-nilai pancasila menjadi hal utama dalam rangka membudayakan pancasila. Oleh karena itu, FGD dan Seminar tersebut untuk mendiskusikan apa yang harus dilakukan guna diterapkan di perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya.

Kerjasama PSP Unpatti - UGM

FGD tersebut membahas antara lain peluang dan tantangan yang dihadapi perguruan tinggi dalam melakukan pelembagaan dan pembudayaan Pancasila serta Implementasi dalam mengembangkan dan membudayakan pancasila. Sedangkan untuk Seminar di angkat tentang pengembangan Ilmu Pancasila dalam Bidang Pendidikan, Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Heri menambahkan, pelaksanaan FGD tersebut mengacu pada Undang-undang Nomor 12 tahun 2012, yang menjadi dasar filosofis ideologi dan yuridis untuk penyelenggaraan pendidikan tinggi di Indonesia harus berdasarkan pancasila, UUD NRI 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika, sehingga Bagaimana Pengembangan Ilmu Pancasila di Perguruan Tinggi tidak hanya sekedar Mata Kuliah, tetapi pada Konteks Konsep, Teori dan Aplikasi.Lanjutnya diharapkan kedepan nanti UNPATTI dapat menjadi sentra Pengembangan Ilmu Pancasila di Kawasan Timur bersama UGM akan mengembangkan Pembudayaan Nilai Pancasila di Seluruh Indonesia.

FGD dan Seminar tersebut diikuti oleh sembilan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Kota Ambon , yang diwakili oleh wakil pimpinan dan mahasiswa. Kegiatan FGD dan Seminar ini di akhiri dengan pemberian cinderamata….. HOTUMESE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *