Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (S1)

Kompetensi Lulusan Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (S1)

Program studi Teknologi Hasil Perikanan mempelajari bagaimana mengolah hasil perikanan dari pasca panen hingga menghasilkan produk perikanan berkualitas tinggi yang zero waste dan ramah lingkungan, juga mempelajari manajemen industri dan bisnis perikanan. Program studi ini dikenal juga dengan nama Teknologi Industri Perikanan, mirip dengan program studi “kembarannya” yaitu Teknologi Industri Pertanian. Sama-sama mempelajari tentang proses pasca panen, hanya saja program studi ini lebih mengarah pada sektor perikanan. Disini akan dipelajari teknologi budidaya ikan, teknik fermentasi, pengelolaan limbah hasil perikanan, hingga bagaimana menyelesaikan permasalahan terkait perikanan.

Prospek Kerja Lulusan Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (S1)

Lulusan program studi Teknologi Hasil Perikanan pasti akan selalu dibutuhkan mengingat Indonesia adalah negara maritim dengan wilayahnya 2/3 adalah lautan. Indonesia membutuhkan tenaga ahli yang dapat mengelola hasil perairan Indonesia dengan maksimal. Alumni program studi ini bisa bekerja di instansi pemerintahan seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek, bekerja di perusahaan swasta yang bergerak di bidang perikanan dan hasil laut, atau mengembangkan usaha perikanan sendiri.

Sasaran/Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (S1)

Menguasai prinsip-prinsip ilmu perikanan dan kelautan, Mampu mengkarakterisasi sifat fisioko kimia dan mikrobiologi sumberdaya hasil perikanan, Menguasasi ilmu dan teknologi pengolahan hasil perairan dan mampu mengaplikasikan pada industri perikanan, Menguasai prinsip pengembangan produk dan mampu mendesain serta memformulasikan produk hasil perikanan, Menguasai bidang bioteknologi dan bioprospecting hasil perairan untuk pengembangan pangan dan non pangan

Profil Lulusan Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (S1)

  • Manajer Akuakultural
  • Pengusaha/Wirausahawan
  • Ahli Teknik Perikanan
Butuh Bantuan?
Skip to content