Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (S1)

Kompetensi Lulusan Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (S1)

Manajemen Sumberdaya Perairan membahas mengenai proses atau kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pemanfaatan, dan pengelolaan sumberdaya perairan meliputi pemetaan sumberdaya, eksploitasi, pembudidayaan, produksi, hingga pemasaran sumberdaya perairan. Pada program studi ini kita akan mempelajari ragam dan fisiologi hewan air, cara penangkapan, hingga penyakitnya. Dari segi ekonomi kita akan mempelajari tataniaga dan manajemen strategi pemasaran sumberdaya perairan.

Prospek Kerja Lulusan Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (S1)

Lulusan program studi Manajemen Sumberdaya Perairan dapat bekerja di instansi pemerintahan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Dinas Perikanan, Balitbang Kelautan dan Perikanan, Balai Riset dan Observasi Laut, dan lain-lain. Juga Perusahaan Budidaya Laut, Pangan Ikan, Konsultan Kelautan, dan berwirausaha.

Sasaran/Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (S1)

Mampu mengidentifikasi karakter serta proses biologis, fisiologis, ekologis dan ekonomis SDH Perairan pesisir laut dan PP. Kecil, Mampu mengukur kualitas perairan, faktor penyebab dinamika kualitas perairan dan dampaknya terhadap SDH, Mampu mengukur stok SDH serta daya dukung lingkungan, Mampu menyusun/membuat dan menggunakan sistem informasi sumberdaya hayati dan lingkungan perairan dan Mampu mengelola SDH dan lingkungan perairan secara berkelanjutan.

Profil Lulusan Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (S1)

  • Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan
  • Konsultan Lingkungan
  • Spesialis Pengairan
  • Spesialis Konservasi Alam
  • Ahli Konservasi Tanah dan Air
Butuh Bantuan?
Skip to content