Unpatti Ikuti FGD Tematik Kehumasan

Unpatti,- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Maluku, Selasa, (19/5) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Tematik Kehumasan dengan tema “Strategi Komunikasi Humas Pemerintah di Masa Pandemi COVID-19” yang di ikuti oleh Rektor, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H. , M.Hum dan Kepala Sub Bagian Humas, Elvenda Ch. A. Taihuttu, , S.H, M.H.

Dalam Diskusi itu disampaikan bahwa Kehumasan harus mampu berperan dalam memasuki “The New Normal“ yakni masa baru yang tidak biasa namun harus terbiasa dengan menemukan strategi yang baik dalam memberikan informasi dengan teknologi informatika yang tepat seperti melakukan Webinar (Web dan Seminar) sebagai salah satu obsi baru dalam menyebarkan informasi terkini dan bagaimana setiap institusi mampu meningkatkan sinergi kehumasan dan Humas mampu menjadi orang adab yang terbiasa dengan perubahan.

Menurut Rektor Universitas Pattimura dimasa pandemi ada tiga aspek penting tentang bagaimana  kehumasan ini berperan, pertama informasi yang diberikan harus bersumber dari orang yang berkompeten, kedua informasi harus bisa dicerna dengan bahasa yang sederhana sehingga dapat dimaknai secara  benar oleh semua lapisan masyarakat (dari sisi etika budaya)  dan ketiga  koordinasi antar instansi yang berkompenten sangat penting untuk menghindari berita HOAX yang menimbulkan kebingungan ditengah-tengah masyarakat.

Menanggapi pertanyaan, bagaimana Universitas Pattimura menyampaikan infomasi kepada mahasiswa selama masa pandemi ini, Rektor menjelaskan semua perkuliahan di laksanakan secara online dan informasi yang disampaikan hanya berasal  dari Rektor, para Wakil Rektor yang membidangi, Akademik, Umum dan Keuangan, Kemahasiswaan dan Alumni serta Kerjasama, Perencanaan dan Sistim Informasi melalui Website resmi Universitas Pattimura, untuk mempermudah mahasiswa dalam melakukan semua pengurusan sesuai bidangnya.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pelaksaan implementasi inisiasi strategis Program Join Sinergi Kehumasan guna meningkatkan sinergi dan koordinasi unit/praktisi kehumasan dan layanan informasi publik instansi pemerintah/kementerian lembaga di wilayah Maluku menghadirkan Narasumber yakni Ketua Umum Perhumas Indonesia yang diwakili oleh Pamangkas Trihardiatmoko selaku Wakil Ketua Dua, Bupati Kepulauan Tanimbar dan diikuti oleh 32 Instansi Pemerintah di Wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara dengan menggunakan Aplikasi Zoom Meeting.


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *