JAMUAN MAKAN MALAM GUBERNUR MALUKU DENGAN PARA PIMPINAN PERGURUAN TINGGI BIDANG KEMAHASISWAAN SELURUH INDONESIA

UNPATTI, Kamis (5/12) Gubernur Maluku, Drs. Murad Ismail menyambut para Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang kemahasiswaan se-Indonesia pada acara Welcome Dinner yang bertempat di Wailela Cafe dan Resto.

Turut hadir dan sekaligus memberikan sambutan Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum mengucapkan Selamat Datang di Kota Ambon Manise kepada para Pimpinan Perguruan Tinggi bidang Kemahasiswaan, selamat menikmati kota Ambon yang belakangan ini udaranya cukup panas.

Rektor juga memperkenalkan UNPATTI dengan keanekaragaman mahasiswa yang bukan hanya dari Maluku saja melainkan dari seluruh Indonesia, sehingga UNPATTI dikenal dengan sebutan Kampus Orang Basudara. Dulu, Maluku pernah terjadi konflik yang cukup lama dan banyak yang memprediksi perdamaian akan butuh waktu yang panjang, tetapi ternyata dalam kurun waktu yang singkat Maluku mampu bangkit begitu cepat dari konflik. “Jadi kalau mau belajar tentang kerukunan maka datanglah ke Maluku.” ujar Rektor.

Rektor berharap, para Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan dapat menyumbangkan suara bagi Kota Ambon Manise, yang bukan hanya manise melainkan sekarang sudah ditambahkan dengan gelar lain yaitu City of Music yang pada bulan Oktober lalu mendapatkan pengakuan Internasional dari UNESCO sebagai salah satu Kota Musik dunia.

Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Maluku dalam hal ini Bapak Gubernur Maluku yang pada malam ini hadir dan memberikan jamuan makan malam.

Gubernur Maluku Drs. Murad Ismail dalam sambutannya menyambut gembira kegiatan Rembuk Nasional Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan se-Indonesia tahun 2019 yang berlangsung pada tanggal 6-7 Desember 2019 di Kota Ambon dengan Universitas Pattimura sebagai tuan rumah. Penetapan UNPATTI sebagai tuan rumah penyelengaraan kegiatan REMBUKNAS ini tentunya memiliki arti penting bagi UNPATTI sendiri maupun juga bagi Pemerintah Provinsi Maluku.

Gubernur menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Rektor beserta Civitas Akademik Universitas Patimura yang senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Maluku. Lembaga pendidikan tinggi memikul tanggungjawab yang besar untuk mewujudkan tujuan pendidikan yaitu meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman,  bertakwa, berbudi pekerti yang luhur, berkepribadian mandiri maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, disiplin beretos kerja, professional, bertanggung jawab serta produktif di tengah tantangan global dan teknologi serta ilmu pengetahuan. Kedepan tentunya banyak tantangan yang akan kita hadapi termasuk menghadapi tantangan global. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah bagaimana kita mampu menyiapkan sumberdaya manusia yang berkualitas dalam rangka mengelola dan memanfaatkan berbagai potensi sumberdaya alam yang ada, sehingga tidak tertinggal dari Negara-negara lain di dunia.

Rembuk Nasional Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan se-Indonesia ini memiliki nilai strategis untuk membangun kultur dan intelektual mahasiswa dalam semangat akademik sehingga mampu menjawab tantangan yang ada dalam masyarakat dan dunia kerja, ujar Murad.

Murad berharap, kegiatan rembuk nasional ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya serta mampu menghasilkan pokok-pokok pikiran rekonstrutif yang dapat dijadikan sebagai panduan dalam mengembangkan bidang kemahasiswaan perguruan tinggi se-Indonesia kedepan.

Acara dilanjutkan dengan makan malam dan bernyanyi bersama yang dibuka oleh bapak Gubernur Maluku dengan suara merdunya kepada para Pimpinan Pergurun Tinggi Bidang Kemahasiswaan se-Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *