REKTOR MELEPASKAN 14 KONTINGEN UNPATTI POMNAS

Unpatti,- Bertempat di Lantai II Aula Rektorat berlangsungnya kegiatan Acara Pelepasan Kontingen Universitas Pattimura dalam rangka mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI  Tahun 2019, Senin (16/9).

Rektor, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum melepaskan 14 Kontingen Universitas Pattimura untuk mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI  di Jakarta selama 8 (delapan) hari, dari tanggal 19-26 September 2019 yang secara resmi ditandai dengan Penyerahan Bendera BAPOMI kepada Ketua Panitia POMNAS, Dr. Y. Lopulalan, M.Si.

Saptenno dalam sambutannya mengatakan, dari lagu Mars Olahraga yang dinyanyikan, kata yang harus diperhatikan adalah “disiplin”. Dibidang Olahraga, disiplin sangat diperlukan, tanpa disiplin tidak ada hasilnya. “Lagu Mars bukan hanya dinyanyikan begitu saja, tetapi yang terpenting adalah bagaimana Implementasi dari Mars untuk berlomba. Perlombaan yang dilakukan harus berdasarkan disiplin, karena disiplinlah yang akan membawa saudara-saudara kepada keberhasilan.”, tutur Saptenno.

Beliau menambahkan, Olahraga di Maluku yang muncul dipermukaan adalah Olahraga bersifat Individual. Bagian dari berprestasi bukan dilihat dari individual saja, melainkan diperoleh dari berkelompok. Beliau berharap, dengan adanya 14 Atlet yang bertanding, maka 14 Atlet tersebut pulang dengan membawa Medali.

Kesempatan yang sama, sambutan disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si selaku Ketua Badan Pembinaan Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) mengatakan yang diperlukan dan diutamakan dalam POMNAS ini adalah persaudaraan, kebersamaan, persatuan dan kebugaran yang diperoleh dari proses-proses pertandingan Olahraga. Prestasi dan Juara adalah bonus, tetapi tujuan utama adalah memperteguh kebersamaan dalam mengikuti perlombaan sehingga sportifitas dalam bertanding dapat diperoleh dengan baik. “Saya tetap optimis, dilihat dari segi kuantitas menurun namun segi kualitas tetap kita pertahankan”, ujar Madubun. Selaku Ketua BAPOMI, saya berharap untuk para Atlet agar mengikuti semua tahapan kegiatan lomba secara baik.

Dr. Y. Lopulalan, M.Si selaku Ketua Panitia dalam menyampaikan laporan Panitia mengatakan, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Nomor 401/UN13/SK 2019 pada 25 Februari 2019, Panitia diangkat dan dilantik serta menjalankan tugas untuk mengkoordinir para Atlet yang akan diikuti dalam kegiatan POMNAS XVI Tahun 2019 di Jakarta. Lopulalan menuturkan, dari data yang diperoleh dari BAPOMI Maluku hanya diikuti oleh Universitas Pattimura dan POLITEKNIK Perikanan Tual. Kontingen BAPOMI Maluku terdiri dari 6 (enam) Cabang Olahraga yang diikuti antara lain Karate (perwakilan terdiri dari 6 Atlet, 4 dari UNPATTI Ambon dan 2 dari POLITEKNIK Perikanan Tual), KEMPO (perwakilan dari UNPATTI Ambon sebanyak 4 Atlet), Pencak Silat (perwakilan dari UNPATTI Ambon sebanyak 2 Atlet), CATUR (perwakilan dari UNPATTI Ambon sebanyak 2 Atlet), Atletik (perwakilan dari UNPATTI Ambon sebanyak 2 Atlet), Renang (perwakilan dari POLITEKNIK Perikanan Tual sebanyak 2 Atlet), sehingga secara keseluruhan total Atlet yang akan bertanding pada POMNAS di Jakarta sebanyak 18 Atlet (14 Atlet dari UNPATTI Ambon dan 4 Atlet dari POLITEKNIK Perikanan Tual).

Akhirnya, Lopulalan mengutip dari Michael Jordan yang merupakan salah satu Atlet Bola Basket mengatakan “Jangan Biarkan Setiap Hambatan Menghentikan Anda. Jika Anda Lari Dan Menghadapi Seperti Ini, Jangan Berbalik Dan Menyerah. Cari Tahu Bagaimana Memanjatnya, Melewati Dan Mengatasinya”. Terus semangat dan Berprestasi mengharumkan nama Maluku.

Kegiatan ini dihadiri oleh para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni., Kepala Bagian Bidang Kemahasiswaan dan Hubungan Masyarakat, Bapak French O. Pattiruhu, S.Sos., para Rohaniawan serta para Tamu Undangan lainnya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *