Inagurasi, Yudisium dan Penggelaran 135 Lulusan Fakultas Hukum

UNPATTI,- Selasa, (20 Agustus 2019) Melalui SK Dekan Nomor 84/UN13.1.1/SK/2019 tentang Rapat Senat Terbuka Luar Biasa untuk Yudisium dan Penggelaran Lulusan Fakultas Hukum Universitas Pattimura dalam rangka Wisuda Sarjana Universitas Pattimura Periode September 2019, bertempat di Hall Lantai I FH dilaksanakan Yudisium terhadap 135 orang. Rangkaian acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang selanjutnya dibuka secara resmi oleh Dekan selaku Ketua Senat.

Pada waktu yang sama acara dilanjutkan dengan Penyerahan Mahasiswa Baru dari Orang Tua mahasiswa kepada Dekan FH, pemahatan pohon ilmu, penyamatan jaket almamater, pembacaan Panca Pra-Ikrar oleh mahasiswa baru, penandatanganan kitab mahasiswa, dan penyerahan smart card bagi perwakilan mahasiswa baru yang telah ditunjuk.

Pembacaan Surat Keputusan Yudisium, Panca Purna Ikrar, pengukuhan lulusan dan penyerahan lulusan kepada Ketua Alumni Fakultas Hukum agar lulusan dapat diberdayakan, merupakan bagian dari acara yang juga dihadiri oleh sesepuh FH antara lain Bapak J. Leiwakabessy, Pimpinan/Pejabat Struktural UNPATTI, para Orang Tua/Wali dari lulusan, Dosen dan Tenaga Kependidikan FH. Dikesempatan ini juga diberikan beberapa penghargaan :

  1. Penghargaan kepada 7 lulusan yang mendapat nilai Pujian masing – masing : Mercy Pratiwi Patty (IPK 3,79), Gilbert Pandapotan Sitorus (IPK 3,79), Thalia R Latupeirissa (IPK 3,68), Karina Citra Dewi (IPK 3,68), Dessy Lisa Breemer (IPK 3,65), Muhamad Ali Aqsa Haupea (IPK3,60), Merlin Windy Johannes (IPK 3,56).
  2. Penghargaan bagi Mahasiswa Berprestasi diberikan kepada Junior Lumintang, Veral Pattipeilohy, Agnes Matakena, Fernando Tantaru, Phillpa Kosho, Valentino Soplantila, Jimris Nikodemus, Nur Tanachi Mardan dan Harry Wellsy Bakarbessy.
  3. Penghargaan Purna Bakti kepada Tenaga Kependidikan diberikan oleh Ibu Ritha Pieter (masa kerja 2 tahun 3 Bulan di Fakultas Hukum)

Mercy Pratiwi Patty lulusan terbaik  priode ini, mewakili lulusan menyampaikan terima kasih kepada para Tenaga Kependidikan dalam lingkungan Fakultas Hukum yang membantu, baik dalam bidang akademik, bidang kemahasiswaan dan atas segala dukungan pada kegiatan – kegiatan lainya selama ini. Kepada Para Dosen, Mercy mewakili teman – temannya mengucapkan terimakasih atas bimbingan, ilmu dan jasa yang telah diberikan selama belajar di Almamater tercinta. Akhirnya buat peserta Yudisium Fakultas Hukum,“last but not last”. Yudisium bukanlah sebuah akhir, melainkan sebuah awal bagi kita untuk melangkah lebih jauh mencapai cita – cita yang diinginkan. Tetapi sejauh apapun langkah kakimu melangkah, selalu ingatlah untuk menjadi dirimu sendiri “Do what you want to do and be your self.

Richard Rahakbauw, SH sebagai Ketua Alumni Fakultas Hukum mewakili Alumni mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan dan kesuksesan dalam menyelesaikan studi dengan baik dan meraih gelar kesarjanaan.

Rahakbauw menyampaikan pada era dimana kompetisi antar bangsa sudah sedemikian kompetetif seperti saat ini, tanpa kemampuan memadai dalam menghadapinya, maka kita hanya akan menjadi penonton dirumah sendiri. Oleh karena itu tugas kita dalam mengembangkan diri sebenarnya tidak berhenti dengan sebuah kelulusan atau diraihnya predikat kesarjanaan.

Sebagai alumni Fakultas Hukum, kami punya tanggung jawab dan moril untuk terus mendorong kampus tercinta ini dalam melahirkan lulusan yang berkualitas dan dilengkapi dengan ketrampilan profesional sekaligus memiliki standart moril yang tinggi dalam membangun dan memperkuat dunia hukum di Negara Kesatuan RI.

Harapannya, agar para lulusan kita untuk mempersiapkan diri dengan baik, terlepas dari apapun dunia pengabdiannya nanti. Guna memenangkannya butuh pengetahuan, keahlian, kreativitas dan sikap yang baik.  Akhirnya apapun yang akan dihadapi oleh para lulusan harus tetap semangat, terus belajar dan berkarya sehingga dapat menggapai kesuksesan, juga memberikan manfaat bagi penegakan hukum dan bagi keselamatan keluarga dan banyak orang.

Dekan Fakultas Hukum, Dr. R. J. Akyuwen, SH., M.Hum diawal sambutannya mengatakan pada bulan Desember 2016 Fakultas Hukum memperoleh Akreditasi A dan ini tentunya menjadi kebanggaan sekaligus tantangan untuk membenahi diri agar bisa lebih baik kedepan. Memasuki Tahun 2018 keinginan untuk meningkatkan level Fakultas ke jenjang yang lebih tinggi dimulai dengan persiapan untuk memperoleh Sertifikat ISO 9001 : 2015 dan ditambahkan dengan ISO 21001 : 2018 (berupa lampiran pelengkap dari 9001), dan puji syukur di bulan oktober 2019 akan dilaksanakan proses penilaian. Besar harapan kami ISO 9001 : 2015 akan diperoleh dengan lampiran ISO 21001 : 2018 sekaligus menjadi tiket untuk mempersiapkan institusi ini menuju akreditasi Internasional.

Akyuwen menambahkan, langkah ini bukanlah untuk sebuah pencitraan institusi tetapi merupakan jawaban atas tuntutan di era revolusi industri 4.0 dan 5.0. Hari ini pada tanggal 20 Agustus 2019 untuk kedua kalinya kita menyelenggarakan Inagurasi, Yudisium dan Penggelaran secara bersamaan. Ini bukan suatu kebetulan namun sengaja dilaksanakan agar dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa baru dan sekaligus modal bagi mahasiswa baru dari 1500 lebih peminat dan meluluskan 135 lulusan untuk periode Agustus. Sebagai pemimpin Fakultas saya mengucapkan selamat bergabung dalam keluarga besar Fakultas Hukum Universitas Pattimura, bagi saudara – saudara mahasiswa baru dan bagi para lulusan selamat memasuki dunia pengabdian sesungguhnya. Doa Bunda Asuh selalu menyertai saudara – saudara.

Rektor, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum dalam sambutannya mengatakan Fakultas Hukum sebagai lembaga Ilmiah telah menorehkan sejarah penting dalam perjalanan panjang Universitas Pattimura. Berbagai kegiatan Akademik telah melahirkan alumni yang diharapkan mampu berkompetisi dalam masyarakat yang terus berubah.

Harapannya, sebagai Alumni Fakultas Hukum Universitas Pattimura, saudara-saudara harus bangga dengan almamater ini karena selama beberapa tahun menimba ilmu pengetahuan hukum di lembaga ini masih kurang, oleh karena itu lulusan ini harus tetap bekerja keras dengan cara belajar terus menerus selama hayat masih dikandung badan.

Saptenno juga berterimakasih kepada semua kerja keras dan kerja cerdas dari pimpinan Fakultas Hukum, Tenaga Pendidik , Tenaga Kependidikan dan para mahasiswa serta Orang Tua, semoga semua diberkati oleh Tuhan yang Maha Esa.

Akhir dari seluruh rangkaian Inagurasi, Yudisium dan penggelaran lulusan FH ditutup dengan doa oleh Rohaniawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *