KULIAH UMUM MEMBANGUN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Unpatti,- Kuliah Umum bertajuk “Membangun Karakter Kewirausahaan Mahasiswa Di Era Revolusi Industri 4.0” yang digelar di Aula lantai 2 Gedung Rektorat Unpatti Sabtu (18/5) menghadirkan Narasumber Kepala Bagian Umum  Ditjen Belmawa Kemenristekdikti Dr. Syahril Chaniago.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M.J. Saptenno ,SH,M.Hum saat membuka kegiatan  dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Dr. Syahril Chaniago yang telah meluangkan waktu memberikan kuliah Umum bagi mahasiswa Unpatti. Beliau juga mengucap terimakasih bagi Wakil Rektor III Dr. Jusuf Madubun, MSi yang mengadakan Kuliah umum karena begitu pentingnya membangun karakter kewirausahaan bagi mahasiswa. Dilihat dari perkembangan sekarang ini mahasiswa harus mengubah pola pikir bahwa ketika lulus kuliah nanti akan menjadi Pegawai Negeri Sipil melainkan sedari sekarang haruslah berusaha membuat sesuatu atau membangun sesuatu yang nantinya bisa dikelola sendiri yang memberi hasil atau keuntungan, ujar Saptenno.

Menurut Rektor, pada jaman sekarang mahasiswa harusnya lebih berkompetisi untuk membuat hal-hal yang baru, membangun usaha sendiri yang nantinya jika setiap lapangan pekerjaan sudah penuh kita mampu bertahan dan berlomba di Era Revolusi Industri 4.0

Melalui acara ini Dr. Syahril Chaniago mengharapkan mahasiswa memiliki kemampuan individu dalam menciptakan peluang ekonomi dari sebuah ide usaha, baik skala kecil maupun skala besar. Karena itu bagi kalangan Perguruan Tinggi, kewirausahaan menjadi mata kuliah wajib agar mahasiswa mampu menemukan inovasi bisnis di masyarakat dengan dukungan aplikasi ilmu dan teknologi supermoderen.

Gempuran era digital dan Revolusi Industry 4.0 sudah pasti tidak bisa di bendung lagi, pilihannya apakah kita bisa bertahan hidup di era teknologi canggih atau punah? Karena itu, penting bagi mahasiswa dan kaum milenial untuk membangun karakter kewirausahaan atau entrepreneurship. Tujuannya sederhana, agar mahasiswa mampu meningkatkan taraf ekonomi wilayahnya dan mampu memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat, itulah kesimpulan Dr.Syahril Chaniago. M.Pd.

Kuliah umum ini dihadiri  oleh Wakil Rektor III Dr. Jusuf Madubun, M.Si, Kabag Kemahasiswaan dan Humas French Olifir Pattiruhu, S.Sos, Wakil Dekan III Fakultas Teknik Ir. L. Wattimury, MT dan diikuti oleh mahasiswa penerima BIDIKMISI angkatan 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *