LTMPT Admin 2019

Workshop Admin Server dan Teknisi Ruangan Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2019 UNPATTI

Ambon (5/3/2019). Setelah pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dibuka secara serentak pada 1 Maret 2019 dimana UTBK merupakan syarat untuk mendaftar sebagai mahasiswa baru melalui Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) pada tanggal 10 Juni 2019.
Jelang pelaksanaan UTBK 13 April – 04 Mei (gelombang Pertama) dan 11 Mei – 26 Mei 2019 (gelombang Kedua), Universitas Pattimura sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri yang ditunjuk menjadi pelaksana UTBK untuk Provinsi Maluku telah menyiapkan 320 unit komputer sebagai sarana tes UTBK yang berlokasi di Kampus Unpatti-Poka, Ambon. Persiapan ruang dan peralatan utama pendukung lainnya, semisal Genset untuk digunakan sebagai sumber tenaga listrik selama pelaksanaan tes berlangsung juga telah di setup pada lokasi lokasi tes. Hal kesiapan sarana tes UTBK ini dilakukan untuk persiapan pelaksanaan uji coba secara nasional pada 8-9 Maret 2019.
Mendahului persiapan ujicoba nasional dan untuk memperlancar pelaksanaan UTBK yang akan dilaksanakan serentak pada 13 April 2019, Unpatti melakukan persiapan dengan menggelar workshop UTBK SBMPTN 2019 bagi admin server dan teknisi ruangan yang dilaksanakan di Grand Palace Hotel, Ambon (Rabu, 05/03/2019).
Kabiro AKPHM Unpatti Daniel Nanuru selaku Wakil Ketua Panlok LTMPT Ambon, dalam arahan sambutan pembukaan workshop katakan kegiatan ini penting dilakukan untuk menyamakan persepsi dan mengantisipasi tidak terjadinya kendala teknis selama berlangsungnya pelaksanaan UTBK di Unpatti. ”Pada pelatihan ini diharap kita dapat mempersiapkan segalanya dengan sebaik-baiknya sehingga UTBK nanti dapat berjalan dengan baik tanpa kendala teknis maunpun non-teknis sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi calon mahasiswa yang akan melakukan UTBK,” ujarnya. Dijelaskan juga oleh Nanuru bahwa dengan tersedianya 320 unit PC maka tersedia 6400 kursi bagi peserta tes Gelombang Pertama maupun Gelombang Kedua yang melakukan sesi tes sebanyak 2 kali dalam satu hari yang berjatah 10 hari tes.

Dalam Workshop UTBK ini peserta yang terdiri dari staff Admin dan teknisi yang di koordinatori oleh Dr. John Latuny (kepala UPT TIK Unpatti) yang juga sebagai Tim IT Panlok LTMPT Ambon, dibekali juga dengan pemaparan UTBK secara umum yang disampaikan oleh Dr. J. Pagaya selaku SekPanlok LTMPT Ambon yang juga adalah Ketua LP3MP Unpatti. Paparan dilanjutkan pengenalan dashboard pengawas dan peserta, konfigurasi PC, serta simulasi ujicoba PC peserta ujian dan pengawas yang disampaikan oleh B.R. Mattheis Pelaksana IT UTBK dibantu Co-Ass Pelaksana IT UTBK Ricardo Lopulalan. Kegiatan berlangsung selama dua hari yang mana pada besok (Kamis 6/3) akan dilakukan praktek di lokasi pelaksanaan kegiatan.
Akhir kegiatan Dr. J. Pagaya yang menutup kegiatan harapkan “dengan pelaksanaan workshop ini nantinya para admin server dan teknisi ruangan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan men-zero-kan kesalahan. (HOTUMESE Humas LTMPT 811Ambon93)

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *