Sebanyak 28 mahasiswa Lolos Seleksi ON MIPA Tingkat Universitas Pattimura Tahun 2019

Unpatti-, Universitas Pattimura kembali melaksanakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi  ( ON MIPA PT ), Kamis ( 21/2-19). Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi atau ( ON MIPA PT ) merupakan ajang kompetisi mahasiswa di bidang Sains yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendorong peningkatan prestasi mahasiswa, kemampuan akademik, wawasan dan kecintaan mahasiswa terhadap bidang studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta peningkatan kualitas perguruan tinggi.

ON MIPA PT  ini  telah dilaksanakan sejak tahun 2009 dan bidang yang dilombakan adalah Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

Kegiatan yang  dilaksanakan di ruang Multimedia Gedung Biotek MIPA Lt.3 Universitas Pattimura ini di ikuti oleh 115 Mahasiswa yang mengikuti  seleksi pada tahap pertama  ini terdiri dari Bidang Matematika diikuti oleh 29 mahasiswa (Prodi Matematika-FMIPA, Prodi Pendidikan Matematika-FKIP, Prodi Ilmu Kelautan- FPIK, Prodi Agribisnis-Fak.Pertanian, Prodi Teknik Mesin dan Prodi Teknik Sistem Perkapalan- Fak Teknik), Bidang Fisika diikuti 23 mahasiswa (Prodi Fisika-FMIPA, Prodi Pendidikan Fisika- FKIP, Prodi Teknik Perkapalan dan  Prodi Teknik Perencanaan Wilayah Kota- Fak Teknik), Bidang Kimia diikuti 30 mahasiswa ( Prodi Kimia- FMIPA, Prodi Pendidikan Kimia- FKIP, Prodi Teknologi Hasil Perikanan- FPIK), Bidang Biologi diikuti 33 mahasiswan (Prodi Biologi- FMIPA, Prodi Pendidikan Biologi- FKIP, Prodi Ilmu Kelautan dan Prodi Agrobisnis Perikanan- FPIK, Prodi Teknologi Hasil Pertanian, Prodi Agroekoteknologi, dan Prodi Peternakan- Fak. Pertanian).

Pelaksanaan ON MIPA-PT tahun 2019 dilakukan dalam tiga tahap yakni tahapan pertama di tingkat Perguruan Tinggi,tahap kedua di tingkat wilayah oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-DIKTI) dan  tahap ketiga (Nasional) sesuai kuota di  masing-masing wilayah.

Bagi seleksi  tahapan pertama tingkat Universitas Pattimura  ada sebanyak 28 mahasiswa terbaik yang lolos dalam seleksi tahap pertama ini, masing-masing tujuh  mahasiswa untuk bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi, sehingga nama – nama yang lolos pada tahap pertama ini  :

Bidang Matematika

NO Nama Prodi
1 Sisilia M Taihuttu Pend. Matematika
2 Fredrylo A.N.J. Apituley Matematika
3 Clarita Y. Rumaruson Matematika
4 Wenand F. Johanis Matematika
5 Nur Syafa Hatuwe Pend. Matematika
6 Eunike E. Mataheru Pend. Matematika
7 Christin Agustis Pend. Matematika

Bidang Fisika

No Nama Prodi
1 Yosua Pratama Iswahyudi Fisika
2 Novinda Yunita Minanlarat Fisika
3 Mige Menatri Luwudara Fisika
4 Abraham N. Sameaputty  Fisika
5 Randi Rasyid Latuconsina Fisika
6 Rofalma Tuhumury Pend. Fisika
7 Yustin A. Walalayo Pend. Fisika

Bidang Kimia

No Nama Prodi
1 Chrismenda K Wattimena Kimia
2 Fadliah Sarita Rustam Kimia
3 Prisilia J. Ekaputri Pessy Kimia
4 Berryl V. Palapessy Kimia
5 Yohanes L. Ch. Tomasoa Pend. Kimia
6 Tisenda Timisela Kimia
7 Siti Khairiah Ibrahim Kimia

Bidang Biologi

No Nama Prodi
1 Shofia Nur Inayah Pend. Biologi
2 Chriscelga M. Marantika Biologi
3 Fransai Manuhuttu Agrobisnis Perikanan
4 Idham Zakaria Biologi
5 Firly Sembiring Biologi
6 Dedy Ferdinandus Pend. Biologi
7 Junita Biologi

Menurut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas MIPA, Grace Loupatty, S.Si, M.Si, bagi ke 28 mahasiswa yang lolos pada tahapan ini nantinya  akan didaftarkan di LLDIKTI Wilayah XII untuk diikutsertakan dalam seleksi tahap kedua yang akan dilaksanakan pada tanggal 26-27 Maret 2019 secara serantak di 14 Wilayah/ Regional. Grace mengharapkan bantuan dan kerjasama  Dosen dan mahasiswa dari setiap Prodi, dalam mempersiapkan mahasiswa- mahasiswa agar dapat ikut berkompetisi pada tahap kedua dan memberikan hasil yang terbaik , sehingga dapat lolos ke tahap berikutnya yakni Tahap ketiga di Tingkat Nasional. Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *