Penandatanganan Nota Kesepahaman antara UNPATTI dengan PIP Makassar dan Universitas Nani Bili Nusantara Sorong

UNPATTI,- Penandatanganan Nota Kesepamahan antara Universitas Pattimura dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar  dan Universitas Nani Bili Nusantara Sorong, terkait implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan penelitian  dan pengabdian kepada masyarakat. yang di pusatkan di lantai IV gedung Rektorat Unpatti, (Senin 18-2-19).  

Turut hadir dalam kerjasama tersebut yakni Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dekan Fakultas Teknik, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dekan Fakultas Kedokteran serta ymt Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti.

Menurut Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar Capt. H. Rachmat Tjahjanto, MM., M.Mar mengatakan, kerjasama yang dibangun dengan Universitas Pattimura terkait dengan Implementasi Tri Dharma Perguruan tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada  masyarakat. “terkait dengan pemberdayaan masyarakat ada 50 orang mahasiswa jurusan Teknik Perkapalan Unpatti yang akan dikirim untuk mengikuti Diklat pemberdayaan masyarakat di PIP Makassar, dan diharapkan setelah itu mereka dapat bekerja di atas kapal “  Tjahjanto juga mengatakan kerjasama yang di bangun meliputi Perkulihan dimana Dosen Unpatti di harapkan dapat memberikan Kuliah Umum bagi mahasiswa Politeknik Pelayaran Makassar dan Joint Research.

Selain itu  Rektor Nani Bili Nusantara Sorong Dr. Drs. Stevanus Malak. M. Si mengatakan kerjasama yang di bangun dengan Unpatti meliputi pertukaran Dosen yang sesuai dengan Program Studi yang ada di Universitas Nani Bili. Soal Penelitian dan Pengembangan Masyarakat dalam kaitannya dengan Ekonomi Sosial Budaya, menurut Rektor Nani Bili Sorong merupakan wilayah sedang bertumbuh. Untuk itu  di butuhkan  tenaga Dosen yang kompeten. Lanjutnya, banyak perusahan – perusahan yang baru tumbuh diwilayahnya, maka di butuhkan juga tenaga yang berkualitas dan terdidik dalam kaitannya dengan penerimaan pegawai. Untuk itu di harapkan lewat kerjasama yang ada, pengembangan SDM dapat ditingkatkan  khususnya dalam bidang Pertanian, Teknik dan Ekonomi.

Sementara itu Rektor Universitas Pattimura dalam sambutannya menyambut baik kerjasama ini. Rektor mengatakan  “apa yang menjadi point terpenting dalam kerjasama ini yakni pengembangan Sumberdaya manusia guna peningkatan mutu, yang merupakan bagian dari membangun bangsa, maka Unpatti siap untuk melaksanakan semua yang diminta. Lanjutnya,  terkait dengan 50 orang yang akan dikirim untuk mengikuti Diklat di PIP Makassar, kami sangat menyambut baik dan harapan kami mereka dapat dididik sehingga memperoleh sertifikat untuk bekerja. Dan juga  Sumber daya manusia di Indonesia bagian Timur dari hari ke hari bisa di tingkatkan “ ujarnya.

Usai acara ini di tutup dengan pemberian cenderamata serta foto bersama. HOTUMESE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *