Sosialiasi SNSBPTN 2019

Sosialisasi Jalur Penerimaan Maba 2019

unpatti.ac.id, Ambon, (Jumat, 18/10, Berlangsung di Aula Serbaguna kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Ambon, dilakukan sosialisasi jalur penerimaan Mahasiswa Baru 2019 didepan ratusan Kepala Sekolah dan operator sekolah SMA/SMK/MA sederajat termasuk SLB se-Pulau Ambon. Terdapat 3 (tiga) Jalur Penerimaaan Mahasiswa Baru 2019 di Universitas Pattimura yakni Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Jalur Mandiri.
Ketua LTMPT Lokal Ambon Prof. Fredrick Rieuwpassa yang juga Wakil Rektor bidang akademik dalam pengantar paparan materinya sampaikan pentingnya sosialisasi ini dilakukan terlebih saat ini sistim penerimaan mahasiswa baru agak berbeda dengan sistim yang lama dan juga nanti ada suatu lembaga yang mengelola penerimaan mahasiswa baru yaitu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang baru di launching oleh Menristekdikti Prof. M. Nasir pada tanggal 4 Januari 2019 usai Rakernas Kemenristekdikti di Semarang.

Mendahului itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Dra Mimi Hudjajani, M.Si dalam arahan singkatnya sampaikan bahwa pentingnya sosialisasi ini dilakukan sembari menegaskan agar para Kepsek mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut dengan serius hingga selesai.

Paparan materi disampaikan oleh Dr. Joseph Pagaya, Sek. LTMPT lokal Ambon yang juga Ketua LP3MP Unpatti, berjalan lugas membuat para kepsek dan operator sekolah antusias mengikuti paparan materi hingga usai. Pagaya juga mengharapkan sekolah dapat mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) karena masih banyak sekolah yang belum mengisi dan melengkapi PDSSnya. Hal ini sangat berpengaruh pada kuota penerimaan maba dan menutup kemungkinan siswa melamar untuk memperoleh beasiswa melalui jalur SNMPTN.
Sesi tanya jawab pun menjadi menarik dengan sejumlah pertanyaan terkait teknis pengisian dan kesulitan akses PDSS karena kendala teknis IT dan jaringan. Semua pertanyaan terjawab dengan baik dan beberapa pertanyaan teknis dari para Kepsek oleh Dr. Pagaya diarahkan agar ke menu bantuan PDSS pada laman bantuan snmptn.ac.id.
Ikut hadir dalam sosialisasi itu, Kabiro AKPHM Unpatti, Humas Unpatti, Kasie Kelembagaan dan Sarpras SMK dinas P dan K provinsi Maluku dan pejabat Kantor Dinas PdK provinsi Maluku lainnya.

Sore harinya pukul 17.00 WIT,dilakukan wawancara dan dialog interaktif dalam tayangan di TVRI Maluku bertajuk Sosialisasi Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 Universitas Pattimura yang berdurasi 60 menit dengan narasumber utama Rektor Unpatti Prof. Saptenno, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Rieuwpassa, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Jusuf Madubun dan Ketua LP3MP Unpatti Dr. Joseph Pagaya.

Rektor Saptenno secara umum jelaskan bahwa dari segi kualitas lulusan Unpatti memiliki daya saing yang sangat tinggi, dicontohkannya lulusan FK memiliki rata-rata kelulusan dalam uji kompetensi diatas 60 – 70%. Itu menandakan lulusan Unpatti berkualitas hingga perguruan tinggi negeri satu-satunya di Maluku yang juga mempunyai SPP yang termurah ini menjadi sangat diminati. dan Para Narasumber lainnya dengan lugas dan gamblang menerangkan jalur dan tatacara proses penerimaan Maba ketika ditanya oleh pembawa acara. Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan juga jelaskan bahwa bagi para siswa yang mengikuti jalur penerimaan SNMPTN dan SBMPTN terbuka peluang untuk melamar dan memperoleh Beasiswa Bidikmisi dan Beasiswa Afirmasi Pendidikan yang kuotanya jumlah ratusan belum lagi beasiswa lainnya, yang persyaratan memperolehnya sangat ketat melalui seleksi administrasi dan verifikasi lapangan bagi calon penerima bidikmisi.

(berita/dok. humasunpatti)

12 comments

  1. slamat pg mohn bantuanx…min pda tahap 3 pendftaran tuk pembyaran blm bsa akses, mohn info e.tks

  2. Pa kenapa pada saat suda masuk di jalur mandiri dan pada saat saya mau prin slip pembayaran kenap tidak bisa yah pa???

  3. Slamat pagi, maaf saya mau tanya, kenapa tahap 2 fakultas pertanian tdak msuk daftar pilihan ya?
    Mohon info untk fakultas pertanian..
    Trimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *