Prof.Jamal

Sosialisasi BLU

[unpatti.ac.id] Kampus Unpatti-Ambon, Kamis (8/11/2018). Universitas Pattimura termasuk salah satu perguruan tinggi yang menerapkan Pola Keuangan-Badan Layanan Umum.
PK-Badan Layanan Umum adalah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas (Pasal 1 PP No. 23/2005).

Prof.Jamal“Remunerasi di desain untuk memberikan kesejahteraan yang lebih kepada pegawai-pegawai yang berprestasi” ujar Prof. Jamal Wiwoho, Irjen Kemenristekdikti, ketika mensosialisasikan Akuntabilitas dan Pengawasan Pengelolaan Badan Layanan Umum di hadapan para Pimpinan dan Pejabat Struktural, Perwakilan Mahasiswa di Lingkup UNPATTI, bertempat di Aula Rektorat Lt. II, Kamis, 8/11/2018.

Pada kegiatan sosialisasi ini, banyak yang dapat terpahami atas penjelasan Prof. Jamal terkait PK-BLU pada instansi pemerintah. Namun beberapa kepatuhan dan aturan dasar haruslah terpenuhi.

“Instansi pemerintah yang menerapkan PK-BLU memiliki masa maksimal 2 tahun untuk melengkapi semua persyaratan BLU disamping itu SOP Keuangan salah satu syarat memenuhi persyaratan administratif karena SOP merupakan sarana untuk menjadi pedoman pencapaian sasaran, pemenuhan butir mutu dan penguatan pengendalian internal dengan kata lain SOP merupakan bagian tidak terpisahkan dari sistem pengendalian manajemen” jelasnya.

Seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi adalah dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien untuk kepentingan pimpinan dalam mewujudkan tata kepemerintahan yang baik.

Lebih jauh, Prof. Jamal jelaskan bahwa aspek kepatuhan juga sangat perlu mendapat perhatian dan wajib di taati karena akan mendapat pengawasan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)
Pengawasan ini nantinya dapat meberikan keyakinan bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan negara, keandalan laporan, pengamanan aset dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Sosialisasi BLUPada sesi tanya jawab, pertanyaan dari para peserta termasuk perwakilan mahasiswa dapat dijawab dengan lugas olehnya.

Happy BirthdaySebelum tuntas berkegiatan di Kampus Unpatti, Prof. Jamal diberi kejutan dengan kue dan ucapan selamat oleh Rektor dan para peserta yang hadir karena tanggal 8 nopember merupakan hari lahirnya. Usai menerima ucapan selamat Prof. Jamal melanjutkan kegiatannya di LLDIKTI Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara. Happy Birthday Prof. Jamal, sukses dan sehat selalu…. HOTUMESE.

 

Sosialisasi BLU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *