bimtek tutor

Bimtek Tutor Pendidikan Khusus

Kampus UNPATTI, Selasa (18/9/2018). Direktorat Pembelajaran Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti melakukan Bimtek Tutor Pendidikan Khusus yang dilaksanakan 18-19 September 2018, dalam rangka mengamanatkan Permenristekdikti Nomor 46 Tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Pelayanan Pendidikan Khusus Di Perguruan Tinggi. Pendidikan khusus merupakan suatu sistim layanan pendidikan yang diperuntukan bagi individu yang memerlukan layanan pendidikan khusus. “Kegiatan ini bertujuan mendorong agar PT dapat menerima mahasiswa disabilitas mengembangkan sistim dan program pelayanan khusus bagi mahasiswa berkebutuhan khusus melalui pembentukan unit layanan mahasiswa disabilitas”, ujar Galuh Ajeng Rastika, SE., MM., Kepala Seksi Pendidikan Khusus Ditbelmawadikti. Keuntungan yang lain adalah peningkatan kompetensi dosen dalam layanan dan pembelajaran bagi mahasiswa disabilitas, serta menyiapkan calon pelatih dari kalangan dosen yang akan memberikan pelatihan bagi calon pendamping mahasiswa disabilitas di masing-masing PT”pungkasnya.

bimtek tutor

Kepala LLDIKTI Maluku dan Maluku Utara Dr. Muh. Bugis, SE., M.Si., dalam pengantarnya sampaikan bahwa akan menfasilitasi perguruan tinggi lingkup Maluku dan Maluku Utara menyiapkan hal-hal terkait dengan keberadaan mahasiswa berkebutuhan khusus tersebut.

Akhir pengantarnya Bugis pesankan, “jika ada mahasiswa yang berkebutuhan khusus, jangan di tolak, tapi terimalah mereka sebagai bagian dari keluarga besar perguruan tinggi masing-masing, karena mereka punya hak yang sama untuk mengenyam pendidikan tinggi”.

bimtek tutorRektor UNPATTI berterimakasih atas penyelenggaraan Bimtek Tutor Pendidikan Khususdi UNPATTI yang diikuti dari puluhan Dosen berbagai PTN dan PTS yang berada dalam lingkup LLDIKTI XII, “Pendidikan adalah hak asasi manusia, jadi siapa saja dapat mengakses pendidikan” ujar Prof. Saptenno. Selanjutnya berharap bagi para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan hingga selesai dengan baik agar menjadi pahala dan berkat yang luar biasa,”Jadilah ‘duta-duta’ universitas untuk melaksanakan hal yang sangat mulia di PT masing masing, karena dengan melakukan pekerjaan seperti itu dengan sukacita dan ketulusan, Bapak/Ibu sedang menabur bibit kebaikan” Pungkasnya.

bimtek tutorDi hari Pertama, pematerian dan diskusi tanya jawab serta pembagian kelompok peserta untuk pleno atas suatu kasus masalah dan presentasi rencana pembentukan program layanan pendidikan khusus di sampaikan oleh Narasumber Dr. Munawir Yusuf M.Psi. (UNS), yang beberapa jam sebelumnya Ibu Hartini Nara, M.Si paparkan landasan hukum dan apa itu Pendidikan Khusus. Lebih jauh lagi Bu Nara jelaskan hakikat individu yang memerlukan pelayanan pendidikan khusus adalah mereka yang secara signifikansi berada di luar rerata normal, baik dari segi fisik, inderawi, mental, sosial dan emosi sehingga memerlukan pelayanankhusus gar dapat tumbuh dan berkembang secara sosial, ekonomi, budaya, dan religi bersama-sama dengan masyarakat di sekitarnya.[slide presentation] Sementara di hari kedua sebagai Narasumber adalah Dr. Asep Supena (UNJ) dan Ibu Arsy Anggelani, M.Pd. (UNS).

bimtek tutorUsai berkegiatan panitia pelaksana dan Narasumber berkesempatan pamitan dan diterima oleh Rektor dan Wakil Rektor Bidang Umum di ruang kerja Rektor. Terimakasih atas suksesnya penyelenggaraan kegiatan bimtek dan manfaat yang diperoleh bagi para peserta.
Selamat Berkarya dan sukses…. HOTUMESE.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *