Harlah Pancasila 2018

Hari Lahir Pancasila, Momentum Pemersatu

UNPATTI – “Kampus Orang Bersaudara”, Jumat (1/6/2018). Bertempat di Lapangan Upacara Rektorat, Rektor Prof. Dr.Marthinus J Saptenno, SH., M.Hum., sebagai Pembina Upacara. Sambutan Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan Rektor nyatakan bahwa pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.

Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif Bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan. Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya.

Sebelum membacakan sambutan Presiden RI terlebih dahulu Rektor menyampaikan betapa pentingnya Upacara seperti ini, apalagi Pancasila merupakan ideologi dan pemersatu Bangsa dalam bernegara. Rektor mengecam keras para pejabat struktural yang sering tidak mengambil bagian dalam upacara atau peringatan hari besar nasional dan keikutsertaan mahasiswa yang sangat sedikit dalam memperingati upacara nasional seperti Harlah Pancasila ini, untuk itu para pimpinan yang terkait dengan kepegawaian dan kemahasiswaan diminta untuk serius melihat hal ini.

Harlah Pancasila 2018

Lanjutnya, Upacara Peringatan Harlah Pancasila ini hendaknya dipakai sebagai momentum bersama untuk mempererat persatuan dan kesatuan dalam upaya mencapai keamanan dan kedamaian dalam pembangunan bangsa dan negara. Pesan tersebut disampaikan untuk mencegah radikalisme dan terorisme dalam kampus orang bersaudara ini. Prof. Saptenno melansir pemberitaan di media cetak terkait pernyataan kepala Staf Kepresidenan RI yang menyatakan jika ada kampus yang civitas akademika dan tenaga kependidikannya terlibat dalam kegiatan teroris, maka rektornya terancam dapat di copot dari jabatan.
Mari bersatu, berbagi dan berprestasi untuk UNPATTI yang maju. Dirgahayu PANCASILA… HOTUMESE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *