rektor Unpatti

Wisuda dan Dies Natalies 55, Rektor Lepas 1302 Wisudawan

Ambon-UNPATTI, Senin (23/4/2018). Rektor melepas 1.302 Lulusan Sarjana (S1), Profesi Dokter, Magister (S2) dan Doktor (S3) untuk menghadapi tantangan global yang menghadang di depan. “Jangan berpuas diri, terus gali kapasitas diri agar Ibu Asuh Almamater Tercinta Universitas Pattimura jangan bermuram”, ujar Rektor di sela sambutannya.

wisuda April 2018Acara yang bertajuk Rapat Terbuka Senat Universitas Pattimura Dalam Rangka Wisuda Sarjana (S1), Profesi, Magister dan Doktor dengan Tema membangun Sumberdaya Manusia Berbudaya Kepulauan”, di helat di auditorium Kampus UNPATTI, Poka. Rapat Senat Terbuka ini di pimpin dan dibuka oleh Ketua Senat Universitas Pattimura Prof. Dr. S.E.M. Nirahua, SH., M.Hum., yang terpilih secara demokratis sebagai Ketua Senat Universitas Pattimura pada 22 Maret lalu. Nirahua dalam sambutannya sampaikan bahwa selaku organ lembaga dan badan normatif tertinggi, Senat Universitas Pattimura menjalankan fungsi penetapan, pertimbangan, dan pengawasan pelaksanaan kebijakan akademik. Dalam menjalankan fungsi tersebut, Senat Mempunyai Tugas dan wewenang. Dan dibutuhkan komitmen yang kuat untuk melaksanakan tugas dan wewenangnya demi pengembangan UNPATTI.

Diakhir sambutannya, Nirahua mengingatkan wisudawan bahwa wisuda sebagai awal dari suatu perjuangan panjang dan “dunia tidak peduli dengan harga diri anda, dunia akan meminta anda untuk mencapai sesuatu sebelum anda merasa hebat” pungkasnya.

Wisuda yang digelar bertepatan dengan Dies Natalis ke 55 ini menghadirkan Dr. Ir. Akbar Tandjung yang membawakan Orasi Dies dengan tema “ Pembangunan Politik Menuju Demokrasi Yang Menyejahterakan”.

wisuda April 2018Demokrasi harus berjalan dengan semestinya dan berkualitas untuk mencapai kesejahteraan yang diinginkan. Dikatakannya “jangan sampai kita mundur ke belakang, kembali ke sistim yang tidak demokratis, kita harus sama-sama berikhtiar agar demokrasi kita memberi nilai tambah dan berkah, bukan sebaliknya”.

Di akhir orasinya Akbar menegaskan bahwa pembangunan politik mewujudkan tatanan dan stabilitas politik yang kuat dan demokratis, demokrasi itu sendiri harus workable dan berkualitas sehingga melahirkan berbagai kebijakan publik yang juga berkualitas dan menjamin perwujudan percepatan menuju kesejahteraan rakyat.

Dikesempatan yang sama, Plt. Gubernur Maluku yang diwakili oleh Salim Datis, Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia mengharapkan wisudawan dapat menciptakan lapangan kerja baru agar terbuka peluang untuk mensejahterakan masyarakat Maluku dan menurunkan laju angka kemiskinan dan pembangunan sumberdaya manusia yang berkualitas melalui pendidikan tinggi menghasilkan daya saing menghadapi pasar bebas yang semakin ketat. Mahasiswa bepredikat cumlaude pada wisuda April 2018 diraih oleh Harly Clifford J. Salmon, SH dengan IPK 3,95 dan masa studi 3,4 tahun dengan asal sekolah SMAN I Ambon.

Ikut hadir dalam acara itu FKPD Maluku, para Rektor/Direktur PTS, Koordinator Kopertis XII, Prof. Huliselan (Mantan Rektor), Ketua DW UNPATTI, para Lulusan Doktor baru dari luar UNPATTI, civitas akademika, Alumni UNPATTI serta para orangtua, suami/istri dan wisudawan yang larut dalam kebahagiaan. Karsa dan karyanya Wisudawan dinantikan masyarakat, tetap semangat dan terus gali potensi diri… HOTUMESE.

wisuda April 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *