Unpatti adakan Pelatihan Selam PPK-Angkatan Ke 2

Dalam rangka menunjang pengembangan kemaritiman, Pusat Penelitian Kelautan Universitas Pattimura kembali mangadakan Pelatihan Selam dan Scientific Diving (metode penelitian terumbu karang dan ikan karang). Pelatihan selam angkatan ke 2 ini diikuti oleh 15 peserta yang mewakili mahasiswa, siswa, LSM, dan anggota masyarakat.

Pembukaan pelatihan selam dan scientific diving ini dihadiri oleh Pembantu Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistim Informasi; Prof. Dr. J. W. Mosse, M.Sc., Kepala Lembaga Penelitian Prof. Dr. Rafael M. Osok, M.Sc. dan Kepala Pusat Penelitian Kelautan Dr. rer. nat. Gino V. Limmon, M.Sc.

Dalam arahannya pada pembukaan pelatihan, Pembantu Rektor IV yang hadir mewakili Rektor Unpatti berjanji untuk medukung penuh kegiatan ini dan mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan wujud komitmen Universitas Pattimura untuk menunjang pengembangan poros maritim dengan meningkatkan kemampuan dan keterampilan para peneliti untuk bekerja di berbagai bidang yang memerlukan penyelam yang bersertifikat. Pelatihan ini juga dimaksudkan untuk menambah ketrampilan para mahasiswa Unpatti agar mampu berkompetisi di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Hal yang sama juga berlaku bagi peserta lainnya dalam menyambut era baru MEA yang sementara berlangsung. Pada kesempatan ini Pembantu Rektor IV juga membagikan sertifikat scientific diving bagi 14 orang peserta pelatihan selam angkatan pertama.

Kepala Pusat Penelitian UNPATTI, Dr. rer. nat. Gino V. Limmon, M.Sc. menambahkan bahwa, dengan dukungan penuh Lembaga Penelitian Unpatti, Pusat Penelitian Kelautan  (PPK-UNPATTI) telah menjadi Pusat Pelatihan Selam (Learning Center for Scientific Diving). Pelatihan scientific diving ini akan diselenggarakan satu atau dua kali setiap tahun.

Disamping itu, pelatihan ini juga dimaksudkan untuk mempersiapkan Pusat Penelitian Kelautan Unpatti ini untuk menjadi salah satu  Pusat Scientific Diving di Indonesia, sebagai bagian dari aktivitas rutin dan khusus yang harus dilakukan sesuai dengan kompetensi dan potensi SDM di UNPATTI untuk mendukung dan mengembangkan SDM dan Sumber Daya Alam di Maluku.

Materi dan praktek pelatihan selam untuk mendapatkan sertifikat bintang satu POSSI atau open water diver certificate diberikan oleh Ir. Pieter Manihin yang merupakan intruktur bintang dua. Sedangkan  pelatihan metode penelitian terumbu karang dan ikan karang diberikan oleh Dr. rer. nat. Gino V. Limmon, M.Sc.  dan Ir. F Rijoly, M.Si. Bagi masyarakat yang tertarik untuk mengikuti pelatihan selam di Scientific Diving Learning Center-UNPATTI dapat mengirimkan email ke sdlc.unpatti@gmail.com.

(humas unpatti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *