Mahasiswa UNPATTI Menjadi Duta Mahasiswa GenRe Provinsi Maluku Tahun 2015

Universitas Pattimura kembali menunjukan prestasinya setelah dua mahasiswanya terpilih menjadi Duta Mahasiswa GenRe Provinsi Maluku Tahun 2015. Dalam pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Provinsi Maluku Tahun 2015 yang berlangsung pada tanggal 13 Mei 2015 di Gedung Wanita, keluar sebagai Juara I untuk masing-masing kategori Putra dan Putri diraih mahasiswa program sarjana Fakultas Hukum Universitas Pattimura atas nama Leunard Dominggus Pattipeilohy dan Fransiska Matulessy setelah mengalahkan 20 peserta lainnya yang berasal dari perguruan tinggi seperti IAIN Ambon, UKIM Ambon dan STIKES Pasapua Ambon.

Dalam sambutan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku, Drs. Djufri Assegaff menyampaikan agar para Duta Mahasiswa dapat menjadi figur teladan serta motivator dikalangan mahasiswa dan remaja lain untuk mewujudkan Generasi Berencana Maluku, remaja dan pemuda yang memiliki pengetahuan, bersikap dan berperilaku sebagai remaja, namun penuh dengan perencanaan matang dalam menapaki masa depan.

Drs. Djufri Assegaff berharap, pemenang Duta Mahasiswa GenRe Maluku tahun 2015 yang akan mewakili Provinsi Maluku pada ajang pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Tingkat Nasional Tahun 2015 dapat meneruskan perjuangan para Duta Mahasiswa GenRe Maluku terdahulu untuk meraih prestasi serta mengharumkan nama Maluku di tingkat Nasional.

Genre adalah program yang dikembangkan oleh BKKBN dengan kelompok sasaran program, yaitu: Remaja yang berusia 10-24 tahun tapi belum menikah Mahasiswa/mahasiswi yang belum menikah Keluarga Masyarakat yang peduli terhadap kehidupan para remaja.

Tujuan dikembangkannya program Genre oleh BKKBN adalah untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi para remaja dalam hal: Jenjang pendidikan yang terencana Berkarir dalam pekerjaan yang terencana Menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi.

Untuk melaksanakan program Genre maka BKKBN melakukan kegiatan berupa: Promosi penundaan usia kawin, sehingga mengutamakan sekolah dan berkarya. Dimana usia pernikahan pertama yang diinginkan dalam program Genre ini minimal adalah 21 tahun, selain itu memberitahu para remaja tentang anatomi sistem reproduksi manusia. Menyediakan informasi tentang kesehatan reproduksi yang seluas-luasnya, dengan cara meningkatkan jumlah PIK R/M melalui berbagai jalur Academic/PT, organisasi keagamaan, dan organisasi Kepemudaan, meningkatkan SDM pengelolah PIK R/M yang berkuallitas, adanya komitmen dari stakeholder dan mitra kerja dalam pengelolaan danpelaksanaan program GENRE . Promosi kesehatan yang merencanakan kehidupan berkeluarga yang sebaik-baiknya.

5 Strategi program Genre: Penataan dan penyerasian kebijakan program GenRe dalam rangkapenyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Peningkatan komitmen dan peran serta stakeholder dan mitra kerja dalam program GenRe dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Penggerakan dan pemberdayaan stakeholder , mitra kerja, keluarga dan remaja dalam program GenRe dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja

One comment

  1. Bangga dan salut untuk pemenang, semoga kelak menajdi apa yang menjadi tujuan dari kegiatan GenRe yang di pelopori oleh BKKBN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *