Sosiologi Agama

image

Sosiologi-AgamaSinopsis :

Sosiologi Agama, sebagai sebuah disiplin ilmu, memiliki ciri khusus, yang dapat disebut sebagai kritik agama. Hal itulah yang secara fundamental membedakan Sosiologi agama dengan perkuliahan agama. Studi Sosiologi agama akan memberi seperangkat pengetahuan dan keterampilan Sosiologis bagi mahasiswa untuk mengembangkan profesionalisme sebagai peneliti dan perencana sosial. Sehubungan dengan itu maka ada sejumlah pokok pembelajaran yang akan dialami dalam pekuliahan Sosiolog agama, yaitu; Hakikat Sosiologi agama dan Arti keagamaan menurut Sosiologi agama. Kedua pokok tersebut membimbing mahasiswa dalam sebuah wawasan yang komprehensif untuk menelusuri dan mengkaji kedudukan serta ruang lingkup dari Sosiologi agama itu sendiri. Pokok berikut adalah prinsip keilmuan di dalam Sosiologi agama guna memberi sebuah wawasan dan kecakapan keilmuan dalam melakukan kajian dan perencanaan penelitian dalam bidang Sosiologi agama. Selanjutnya adalah Sejarah pertumbuhan dan perkembangan Sosiologi agama, Aliran-aliran dalam Sosiologi agama, serta agama dan kepentingan manusia. Ketiga pokok tersebut hendak membimbing mahasiswa untuk mengkaji peranan kritis Sosiologi agama baik dalam tugas sejarah kemasyarakatan maupun tugas keilmuan. Pokok selanjutnya mengenai konflik dan harmoni sosial dalam masyarakat beragama serta agama sebagai dasar moral bermasyarakat agama. Pembahasan kedua pokok perkuliahan tersebut untuk melihat peranan Sosiologi agama dalam mengelola konflik antar umat beragama untuk menghadirkan sebuah tatanan masyarakat agama yang harmoni dan damai secara berkelanjutan. Seiring dengan itu akan dikaji pula peranan agama sebagai dasar moral masyarakat dalam menjalani  kehidupan secara terbuka luas dan penuh pergolakan hidup. Pokok yang terakhir adalah sebuah pendekatan kontekstual untuk melihat realitas masyarakat keagam-aan dalam kearifan lokal Hidop Salam-Sarane di Maluku.

Buku ajar Sosiologi agama ini bermanfaat sebagai dokumen pembelajaran bagi mahasiswa maupun dosen guna menunjang proses-proses pembelajaran mahasiswa secara aktif dan partisipatif. Selain itu, buku ajar ini juga bermanfaat dalam rangka pengendalian proses dan mutu pembelajaran sehingga proses pembelajaran tersebut bcnar-benar berdasarkan kebutuhan kurikulum, dokumen mutu, maupun sistim audit mutu pembelajaran.

Penulis :
Prof. Dr. Aholiab Watloly, M.Hum

Penerbit :
Unesa University Press – 2014

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Perpustakaan Unpatti, Toko Buku Lokal atau Penerbit.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty