Perencanaan Pembelajaran

image

Perencanaan-PembelajaranSinopsis :

Bagaimana jadinya sebuah pembelajaran yang tidak direncanakan secara baik? Dapat dibayangkan pembelajaran seperti itu mungkin saja tidak terstruktur dan tidak terorganisasi secara baik. Pendidik (guru atau dosen) mungkin saja tidak akan dapat mendayagunakan semua sumber-sumber belajar yang tersedia, sehingga pembelajaran menjadi tidak efisien dan efektif. Setiap pelaksanaan pembelajaran seharusnya mengacu pada rencana. Adanya rencana pembelajaran yang baik akan memandu pelaksanaan pembelajaran sehingga berlangsung terarah pada tujuan pembelajaran. Demikian pula dengan penyelenggaraan pendidikan, jika didasarkan pada rencana yang telah disusun secara baik, tentunya akan memberikan hasil yang baik pula. Buku ini disusun untuk menjadi salah satu referensi bagi perkuliahan Perencanaan Pembelajaran. Selain itu, buku ini diharapkan pula dapat memberikan gambaran dan memperluas wawasan para pendidik dan wlon pendidik tentang pentingnya perencanaan pembelajaran dan bagaimana menerapkan perencanaan yang baik. Perencanaan pembelajaran tentunya tidak dapat dilepaspisahkan dengan implementasi kurikulum. Oleh karena itu, buku ini juga menyajikan beberapa aspek yang terkait dengan. implementasi kurikulum pada satuan pendidikan saat ini, yakni kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Aspek-aspek dimaksud antara lain rumusan kompetensi, pendekatan saintifik, pembelajaran remedial dan pengayaan, dsb. Buku ini diawali dengan pembahasan mengenai sistem pembelajaran. Hal ini penting untuk memberikan gambaran pentingnya pendekatan sistem dalam pembelajaran. Adanya penerapan sistem dalam pendidikan secara umum dan pembelajaran secara khusus akan mendorong terselenggaranya pendidikan dan pernbelajaran yang lebih efektif dan efisien. Pembahasan mengenai model-model perencanaan pembelajaran menjadi salah satu fokus dalam buku  Pertjmbangannya adalah dengan mempelajari model-model perencanaan pembelajaran ini, pendidik dapat memahami dengan baik bagaimana semestinya alur perencanaan pembelajaran yang baik. Terdapat empat model yang dibahas dalam buku ini, yakni Model Prosedur Pengembangan Sistem lnstruksional (PPSI), Model Dick dan Carey, Model Kemp, dan Model ASSURE. Diharapkan pembahasan keempat model ini dapat memperluas wawasan mahasiswa dan para pendidik mengenai model desain pembelajaran. Buku ini juga membahas berbagai konsep yang terkait dengan perencanaan pembelajaran yakni konsep dasar perencanaan pembelajaran, perencanaan pembelajaran berbasis kompetensi, desain kompetensi, pengembangan indikator, pengembangan silabus, pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran, perencanaan remedial dan pengayaan, dan pengembangan pembelajaran.

Penulis :
1. Prof. Dr. Tanwey Gerson Ratumanan, M.Pd.
2. Imas Rosmiati, S.Pd., M.Pd.

Penerbit :
Unesa University Press – 2015

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Perpustakaan Unpatti, Toko Buku Lokal atau Penerbit.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty