PKM UNPATTI – PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL

PKM UNPATTI – PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL

Mahasiswa sebagai roda penggerak pembangunan, tentu dituntut untuk terus berinovasi dalam menghadirkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu, dalam koridor peningkatan  kreativitas mahasiswa dalam berkarya, Universitas Pattimura yang dalam hal ini lewat bidang Kemahasiswaan mengadakan Pelatihan Penyusunan Proposal sebagai bagian dari PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Pelatihan yang diadakan dengan tujuan agar ada progress dalam pembuatan proposal mahasiswa dan dosen harus bisa berkomunikasi karena mahasiswa tidak saja hanya belajar. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dilaksanakan selama 2 hari ini (23-24/03/ 2015) dibekali dengan 2 Pemateri antara lain oleh Dr. Toetik Koesbardiati, yang berkompetensi dalam bidang Sosial, dan Dr. Eduardus Bimo Aksonoh, yang berkompetensi dalam bidang Sains dan Teknologi.

Acara yang dimulai pukul 10.00 WIT  dibuka oleh Pembantu Rektor Bidang. Kemahasiswaan, Drs. Adriani Bandjar, M.Sc. Dalam sambutannya Bandjar mengatakan bahwa, “Pelatihan penyusunan Proposal ,Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa merupakan salah satu upaya meningkatkan penalaran mahasiswa”. Beliau juga berharap, dengan dilaksanakannya pelatihan ini, mahasisawa tidak mengalami banyak masalah dan siap memasuki tahap menulis skripsi dan karya ilmiah lainnya nanti.

Lanjutnya, mutu lembaga pendidikan dapat diukur dari salah satunya capaiannya yakni lewat karya tulis mahasiswa dan dosen. Penelitian dari dosen tidak hanya diruang laboratorium saja, tapi harus dapat lebih dioptimalisasikan dan dipublikasikan lewat tulisan-tulisan atau artikel ilmiah yang berkualitas. Dosen dan mahasiswa harus juga bisa dapat melakukan penelitian secara bersama-sama, tuturnya.

Diakhir sambutannya, Banjar mengatakan “ Menulis itu penting, kita dapat menulis jika banyak membaca. Untuk itu rajinlah mengunjungi perpustakaan”. ([post_author_posts_link/], red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *