Membangun Sinergi, Alumni UNPATTI Bangun Gedung

1

Alumni yang merupakan salah satu unsur penting bagi pengembangan suatu universitas.  UNPATTI yang merupakan almamater atau “bunda Asuh” tempat menimba ilmu dan yang telah menciptakan/mendidik alumnus menjadi abdi bangsa dan negara di berbagai bidang pemerintah maupun sektor swasta, melalui alumninya yang akan membangun satu gedung yang representatif untuk mengelola dan mengurus sumberdaya alumni yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Kepengurusan Ikatan Alumni UNPATTI yang dipimpin oleh Bapak Dr. Z. Sahuburua, SH, MH, (pak Etty), mempunyai suatu tekad kebersamaan yang kuat  untuk membangun gedung alumni sebagai kantor pusat kepengelolaan administrasi dan juga sebagai tempat berkumpulnya para alumni guna melakukan sharing dan mencetuskan ide gagasan serta pemikiran cemerlang untuk kemajuan dan peningkatan UNPATTI ke depan.

Jumat (26/5) bertempat di Kampus UNPATTI, telah diletakkan batu pertama pembangunan gedung Ikatan Alumni UNPATTI (IKAPATTI).

2Sebelumnya, telah dilakukan berkali-kali konsolidasi dan pertemuan antara Ketua Almuni dengan Rektor, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan
Alumni, Drs. Jusuf Madubun, M.Si., dan para Wakil Dekan III seluruh fakultas, guna membahas berbagai hal terkait AD/ART pengelolaan alumni, pengembangan dan penguatan alumni, serta sarana pendukung termasuk pembangunan infrastruktur bangunan ini dan peninjauan lokasi gedung.

Gedung yang akan dibangun ini diperkirakan seluas 250-300 m2, tipe dua lantai dengan design kantor modern. Dana pembangunan gedung ini bersumber dari sumbangan yang tidak mengikat, iuran wajib dan kerelaan para alumni UNPATTI. Prediksi pengerjaannya selama 3 tahun.

“Pembangunan gedung tersebut akan dilakukan sosialiasi lewat media sosial, agar para alumni yang tersebar dimana-mana dapat mengetahui adanya  pembangunan gedung ‘mereka’ dan dengan kekuatan jumlah alumni yang puluhan ribu ini, dapat dipastikan mereka dapat menyumbang banyak hal, bukan saja materil tapi juga pemikiran dalam rangka membangun UNPATTI agar lebih maju di masa datang“ ujar Rektor penuh optimis.

“ Pendataan alumni diantaranya akan dilakukan pada awal wisuda periode Agustus tahun ini, jadi, calon wisudawan otomatis menjadi Anggota Alumni dengan mengisi formulir keanggotaan alumni yang disertakan bersamaan dengan pengajuan rekomendasi wisuda“., Pendaftaran dan pendataan alumni juga dapat dilakukan melalui akses internet pada laman web UNPATTI yang segera dibuat untuk memudahkan akses dan penyebaran informasi serta masukan alumni’, ujar Madubun dalam keterangan persnya.

Pembiayaan pembangunan gedung merupakan program kebersamaan sesama alumni dengan sumber sumbangan yang tidak mengikat, juga didapat dari iuran wajib dan uang pangkal keanggotan alumni yang besarannya beragam. Ke depan nanti direncanakan akan juga akan disisihkan sejumlah dana beasiswa untuk membiayai studi lanjut bagi alumni berprestasi cumlaude, lanjut Pak Etty. Akan dibuka rekening pada Bank Maluku untuk pengelolaan dana IKAPATTI.

3“Gedung ini dibangun dengan kekuatan alumni dengan tidak menutup kemungkinan bantuan dari pihak luar yang tidak mengikat, untuk itu kerelaan para alumni berkontribusi sangatlah dinantikan “  ujar Ketua Alumni usai memimpin pelelangan tiang pancang gedung yang menurut beliau tiang pancang gedung alumni tersebut sangat penting dan mendasar bagi berdirinya suatu bangunan. Dari 35 tiang pancang yang dilelang, tersisa beberapa tiang saja yang segera ditawarkan ke alumni lainnya.

Alumni yang hadir dalam acara tersebut antara lain; Prof. Alex Retraubun, Prof. R. Oszaer, A. G. Latuheru, SH, M.Si,  dan jajaran Pimpinan Struktural UNPATTI.

Gambar Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Alumni UNPATTI (IKAPATTI)

 

Peletakan Pertama Gedung Alumni Unpatti
Peletakan Pertama Gedung Alumni Unpatti

 

Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Gedung Alumni
Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Gedung Alumni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *