DIES NATALIS KE-45 FAKULTAS TEKNIK UNPATTI BERLANGSUNG SEMARAK

DIES NATALIS KE-45 FAKULTAS TEKNIK UNPATTI BERLANGSUNG SEMARAK

Dalam rangka merayakan Dies Natalis ke-45 Fakultas Teknik Universitas Pattimura yang jatuh pada tanggal 16 April 2015,maka hari ini Selasa(14/4) Fakultas Teknik mengadakan seminar sehari dengan tema “ Menjawab Kebutuhan Pendidikan Keteknikan di Kawasan Timur Indonesia Dalam Mendukung Kebijakan Indonesia Sebagai Poros Maritim”. Kegiatan yang bertempat di Ruang Kuliah Umum Lantai II Fakultas Teknik , dihadiri oleh Kepala BAPPEDA Provinsi Maluku yang di wakili oleh Dr.Salahudin Salampessy, General Manager PT.PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Ir.M. Ikhsan Asaad,MM, Pembantu Rektor 1, para Ketua Lembaga, Dekan Fakultas Teknik, Para Dekan dalam Lingkungan Universitas PAttimura, para Ketua Jurusan dan Program Study dalam Lingkungan Fakultas Teknik, Para Sesepuh Fakultas Teknik, Para Alumni dan Mahasiswa.

Dekan Teknik dalam sambutnya mengingat kembali perjalan sejarah dari Fakultas Teknik yang dimana dalam perjalannya Fakultas teknik pernah mengalami masa-masa perkembangan sampai pada penyurutan perkembangan, hingga akhirnya fakultas ini dapat bangkit kembali.

Perjalanan sejarah dari Fakultas ini mulai diresmikan oleh Presiden Suharto pada tanggal 16 April 1970,penuh dengan pasang surut, pada tahun 1970- 1998 Fakultas Teknik mengalami perkembangan yang luar biasa, pada Tahun 1999-2004, faklutas ini mengalami penyurutan dalam pengembanganTridharmanya, setelah tahun 2004 Fakultas Teknik terus menerus membenahi diri dari ketertinggalan dan terus memacu diri untuk kembali bangkit dan terus berkembang sesuai dengan Visi dari Fakultas Teknik yaitu menjadi Fakultas Teknik yang tumbuh dan berkembang ditengah masyarakat serta unggul dan terdepan dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada pengkajian dan Pengembangan Ilmu dan Teknologi Insitusi Maritim sesuai dengan PIP ( Pola Ilmiah Pokok ) yaitu Bima Mulia Kelautan. ‘Tuturnya”

Lanjutnya, sesuai dengan arah kebijakan yang akan dilaksanakan untuk tahun 2014-2017 mendatang maka Program akan dititik beratkan pada Remanajemen Kelembagaan, Peningkatan Sumber daya Manusia, Peningkatan sarana-prasarana dan Kemahasiswaan, Peningkatan kerjasama dengan Instasi terkait baik Nasional maupun Internasional. beliau mengharapkan melalui seminar ini akan menghasilkan pemikiran dan gagasan-gagasan baru demi Pengembangan Teknologi untuk mendukung pembangunan Wilayah Kepulauan dan Program Poros Maritim danTol Laut dari Pemerintah.

Senada dengan harapan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik, Harapan yang sama juga disampaikan oleh Ketua Panitia John Latuny, dalam sambutannya, mengatakan Fakultas Teknik Universitas Pattimura sebagai Lembaga Pendidikan tinggi teknik di Daerah ini, menyadari sungguh bahwa, tanggung jawab untuk menjawab kemajuan pendidikan keteknikan dan pengembangan teknologi untuk wilayah kepulauan menyongsong penerapan kebijakan Indonesia sebagai poros maritime harus dilakukan dalam semangat kebersamaan.

mengadapi kenyataan penerapan kebijakan Indonesia sebagai Poros Maritim dan Konsep Tol Laut, Maka Fakultas Teknik yang didirikan dalam semangat Institut Teknologi Ambon ( ITA ),yang sejalan dengan konsep Negara maritime oleh Presiden Sukarno,maka saatnya Fakultas Teknik harus mempersiapkan kapasitasnya untuk tidak hanya harus ikut tetapi menjadi yang unggul dalam bidang teknologi kamaritiman,paling kurang pada kawasan timur Indonesia.

Kegiatan yang dibuka oleh Pembatu rector I, dilakukan dengan tujuan antara lain, 1.Menghimpun gagasan dan dukungan diesTeknik45bersama bagi pengembangan pendidikan keteknikan di Kawasan Timur Indonesia sesuai kebutuhan spesifik pembangunan wilayah kepulauan di Maluku. 2.Menjajaki kerjasama dan upaya sinergis pada level bagi pengembangan Pendidikan keteknikan teknologi dimaksud, sebagai wujud tanggungjawab bersama segenap pemanngku kepentingan. Mendatangkan emapat nara sumber antara lain : I. Ketua Bappeda Prov. Maluku yang di wakili oleh Dr.Salahudin Salampessy dengan Topik Pengembangan Perencanaan Wilayah Maluku terkait Kebijakan Indonesia sebagai Poros Maritim, II. General Manager PT.PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara dengan Topik Perspektif pengembangan Sumber Energi dan Kelistrikan di wilayah Kepulauan-Spesifik Program Pendidikan Teknik. III. Dr. Ir. M. Tukan, BSE, MT, Peran Infrastruktur Maritim di Kepulauan Maluku menyongsong penerapan kebijakan Indonesia sebagai poros maritime. Perspektif Pengembangan Pendidikan Keteknikan. IV. Dr. Ir. E. R. de Fretes, MT: Modernisasi Sarana Transportasi Laut Wilayah Maluku dan Perspektif pengembangan pendidikan keteknikan.

Tidak Hanya Seminar yang dilakukan dalam rangka memperingati Dies Natilis Fakultas Teknik kalli ini, namun ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu, pada tanggal 12-13 April diadakan lomba olahraga antar mahasiswa, dosen dan alumni, jalan santai yang berlokasi di sekitar lingkungan kampus Univeristas Pattimura, tanggal 14-15 April diadakan Seminar Sehari serta panggung hiburan dan pameran Laboratorium, dan berakhir dengan puncak acara pada tanggal 16 April dengan diadakannya Resepsi berupa ramah tamah Dies Natalis ke 45 Fakultas Teknik – ([post_author_posts_link/], red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *