86 LULUSAN FAKULTAS HUKUM DIYUDISIUM

1Kampus UNPATTI, Poka-Ambon (Jumat, 15 /04).

Yudisium merupakan suatu proses akademik yang menyangkut penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa dari seluruh proses akademik. Yudisium juga berarti pengumuman nilai kepada mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang telah diambil mahasiswa  dan penetapan nilai dalam transkrip akademik, serta memutuskan lulus atau tidaknya mahasiswa dalam menempuh studi selama jangka waktu tertentu, yang ditetapkan oleh pejabat berwenang yang dihasilkan dari keputusan rapat yudisium.

Melalui SK Dekan Nomor 30/UN13.1.1/SK/2016 tentang Rapat Senat Terbuka Luar Biasa untuk Yudisium dan Penggelaran Lulusan Fakultas Hukum Universitas Pattimura dalam rangka Wisuda Sarjana Periode April 2016, hari ini (15/04) bertempat di aula Lt.3 FH dilaksanakan yudisium terhadap 86 lulusan. Rangkaian acara di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang selanjutnya dibuka secara resmi oleh Dekan selaku Ketua Senat.

Pembacaan Surat Keputusan, Panca Purna Ikrar, Pengukuhan Lulusan dan penyerahan Lulusan kepada Ketua Almuni Fakultas2 Hukum agar lulusan dapat diberdayakan, merupakan bagian dari acara yang juga dihadiri oleh sesepuh dan dosen senior FH, Bapak J. Leiwakabessy, Bapak M.A.H. Tahapary, Prof. Lokolo, pimpinan/pejabat struktural UNPATTI, para orang tua/wali dari lulusan, dosen dan tenaga pendidikan FH. Di kesempatan ini juga diberikan beberapa penghargaan;

  1. Penghargaan kepada 5 lulusan yang mendapat nilai Pujian masing-masing; Julio A.R. Sopacua (IPK 3,89), Nensi Muskita (IPK, 3,84), Fadhil A.R. Sanaky (IPK 3,79), Ierene J.H. Siahailatua (IPK 3,79) dan Maikel Maturbongs (IPK 3,72).
  2. Penghargaan di bidang Pariwisata, diberikan kepada:
  • Barnev Soukota, Juara I Genre Putera Tingkat Provinsi
  • Martial Marlissa, Juara III Genre Putera Tingkat Provinsi
  • Monica Hukum, Juara III Genre Puteri Tingkat Provinsi
  1. Penghargaan Purna Bhakti kepada Tenaga Pendidik diberikan kepada Ibu Vallyda Anita Pieter, SH, MH (masa kerja 28 thn, 10 bln) dan Tenaga Kependidikan diberikan kepada Bapak Jacob Soplantila (masa kerja 35 thn, 1 bln.)

3Julio A.R. Sopacua lulusan terbaik periode ini, mewakili lulusan menyampaikan terima kasih para lulusan kepada Dosen dan Tenaga Kependidikan yang telah membina dan membentuk mereka hingga berhasil dan siap memasuki babak kehidupan yang baru. Dukungan orang tua dan keluarga yang diperoleh saat mereka ditempa dengan berbagai ilmu di almamater tercinta sangatlah penting dalam membentuk mereka menjadi pribadi-pribadi tangguh dan siap mempersembahkan kembali kepada orang tua dan keluarga hasil dan jerih payah, dukungan dan topangan doa dalam pengabdian ke depan di tengah masyarakat dan bangsa. Pekikan motto “Ad Augusta Per Angusta”,mengakhiri sambutannya.

 

Di kesempatan selanjutnya, Lutfi Sanaky, SH, M.Hum, selaku perwakilan orang tua lulusan dalam sambu4tannya menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Pattimura yang telah membimbing dan memproses ‘anak-anak’ kami (para lulusan) hingga berhasil dan diyudisium hari ini.  Lutfi Sanaky yang juga alumni FH UNPATTI berpesan agar lulusan senantiasa harus meningkatkan diri dan terus berprestasi serta tidak cepat berpuas diri akan tetapi harus bersemangat untuk memperkaya ilmu pengetahuan dan wawasan serta mengasah kepribadian agar menjadi orang yang profesional dan berperilaku baik serta tidak melupakan ‘bunda asuh’ almamater tercinta yang sudah mendidik dan mengasuh. Di akhir sambutannya Lutfi Sanaky yang juga seorang anggota DPRD Provinsi Maluku menyampaikan catatannya kepada Universitas Pattimura dan Fakultas Hukum terkait dengan dioperasikannya Blok Gas Abadi Masela yang nantinya membutuhkan puluhan ribu tenaga kerja professional. Diharapkannya agar Universitas Pattimura, Rektor dan seluruh jajaran dapat membuat penelitian dan kajian dan merealisasikan satu fakultas khusus dibidang minyak dan gas (pertambangan). Catatan yang diperoleh dalam Rapat Gubernur Maluku dan Pimpinan Anggota DPRD serta para pimpinan perusahaan pengelola Blok Gas Abadi Masela ini kiranya dapat dipertimbangkan jajaran pimpinan di Universitas Pattimura. Dikatakannya, Pemda akan membiayai anak daerah yang akan mengambil spesialisasi pertambangan.

Janganlah kita menjadi penonton di negeri sendiri karena kita akan diserbu pekerja professional dari luar daerah, himbaunya.

5Dr. Janes Leatemia, SH, MH, sebagai Ketua Alumni Fakultas Hukum menyampaikan di era Indonesia memasuki MEA, Masyarakat Ekonomi Asean ini kita memerlukan tenaga terampil dan professional terutama di bidang hukum. Kasus Panama Papers juga harus dicermati dan direnungkan sebagai seorang sarjana hukum, tambahnya. Mengantisipasi pengoperasian blok gas Masela diperlukan juga para ahli hukum untuk menjawab persoalan hukum yang timbul bersamaan dibidang perdata, teta negara, hubungan internasional dioperasikannya blok tersebut. Sebagai Ketua Alumni yang bertanggungjawab untuk memberdayakan lulusan dengan langkah yang kondusif untuk mengalirkan alumni FH. Leatemia menjelaskan bahwa lulusan Fakultas Hukum bisa bekerja di mana saja yang penting mau bekerja, ini suatu keuntungan bagi seorang sarjana hukum.

Mengutip satu kalimat bijak mengakhiri Sambutan Ketua Alumni: ”Hidup dengan melakukan kesalahan akan tampak lebih terhormat dari pada selalu benar karena tidak pernah melakukan apa apa”

Ketua Senat FH, Dr. J. Tjiptabudi, SH, M.Hum. di awal sambutannya mengingatkan kepada para lulusan 6betapa pentingnya peran dan dukungan orang tua atas keberhasilan para lulusan dalam menyelesaikan pendidikannya. Hal ini diungkapkannya dengan rasa kecewa ketika melihat sedikitnya jumlah orang tua lulusan yang hadir mendampingi para lulusan, sebab hari ini merupakan momentum bagi Fakultas Hukum untuk mengembalikan para lulusan yang telah berhasil dididik selama ini kepada orang tua masing-masing, tambahnya.

Di akhir sambutannya dengan sedikit menyentil beratnya harapan dan tuntutan pemerintah pusat dan daerah juga masyarakat yang diemban UNPATTI sebagai pelaksana pendidikan tinggi sebagai penghasil SDM berkualitas bagi daerah Maluku guna mengantisipasi ketersediaan tenaga kerja untuk direkrut pada Blok Masela di masa yang akan datang.

Dr. Tjiptabudi (yang juga sebagai Pejabat Pembantu Rektor Bidang Adm. Umum UNPATTI) di kesempatan ini atas kehadiran Anggota DPRD Provinsi Maluku (Lutfi Sanaky), berharap untuk disampaikan kepada pemerintah daerah maupun pusat agar ada perhatian penuh terhadap UNPATTI yang saat ini masih sangat memerlukan pengembangan sarana dan prasarana baik berupa infrastruktur dan sokongan dana yang besar, harapnya. Janganlah selalu UNPATTI dituntut harus menyediakan segala persiapan pengembangan program studi dan pendirian fakultas baru tertentu guna menjawab adanya perkilangan gas bumi Masela tanpa adanya dukungan pemerintah daerah dan DPRD selaku penyetuju APBD.

7Pembantu Rektor Bidang Akademik Dr. Riadh Uluputty, MP, dalam sambutannya yang mewakili Rektor mengucapkan selamat dan sukses kepada para lulusan atas prestasi dan keberhasilannya dan berharap semoga para lulusan yang diyudisium hari ini menjadikannya sebagai langkah awal kesuksesan  untuk masa depan lulusan. Beliau juga berpesan agar para lulusan untuk senantiasa menjaga nama baik almamater dengan terus berkarya dan berprestasi di tengah masyarakat, bangsa dan negara.

Akhirnya seluruh rangkaian yudisium ditutup dengan doa oleh rohaniwan. Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *